Like In Facebook

Saturday 27 February 2016

3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak

Inilah 3 hal penting yang harus diperhatikan orang tua dalam tumbuh kembang anaknya.

     Proses tumbuh dan kembang anak tentu saja merupakan tanggung jawab orang tua. Pertumbuhan merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan, karena proses pertumbuhan anak mengikuti proses perkembangannya. Setiap pertumbuhan anak disertai dengan perubahan fungsi tubuh. Misalnya saja perkembangan intelgenisa pada anak akan mendampingi pertumbuhan otak serta serabut saraf anak tersebut. Proses tumbuh dan kembang anak harus berjalan dengan baik, dan biasanya hal ini tidak lepas dari tiga kebutuhan dasarnya, yaitu sebagai berikut.

Asuh


     Kebutuhan asuh ini merupakan salah satu kebutuhan medis yang termasuk kedalamnya yaitu gizi anak saat dikandung serta setelah lahir, tempat tinggal, perawatan kesehatan anak, pakaian yang layak dan tentunya aman bagi si kecil.

Asih


     Kebutuhan asih termasuk ke dalam kebutuhan emosional. Orang tua harus memberi rasa aman kepada anak. Kebutuhan akan kasih sayang, adanya rasa percaya antara anak dan orang tua, memberikan pengalaman-pengalaman baru, tanggung jawab akan kemandirian, perhatian dan penghargaan, stimulasi, serta pujian terhadap anak adalah beberapa contohnya.

Asah


     Asah adalah kebutuhan anak akan stimulasi mental. Hal ini merupakan bibit dari proses pembelajaran, pendidikan serta pelatihan yang diberikan. Hal ini sangatlah penting, terutama pada usia golden year nya yaitu 4-5 tahun. Sehingga anak dapat memiliki kepribadian yang baik, mandiri, terampil, cerdas, beretika, serta produktif.

     Di samping ketiga hal diatas, ada hal lain yang dapat menentukan kualitas tumbuh-kembang anak, yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor intrinsik adalah faktor-faktor bawaan sejak lahir yang diturunkan orang tua secara genetis. Sedangkan faktor ekstrinsik adalah faktor-faktor dari lingkungan.

     Jadi, dua faktor tersebut juga sangat menentukan tumbuh kembang anak ke depannya. Agar anak menjadi anak yang berkualitas, orang tua wajib memenuhi kebutuhan anak akan tumbuh kembang-nya. Di samping itu, anak-anak juga memerlukan dukungan dalam pemenuhan akan haknya, serta menghindari diskriminasi. Usaha dan kepedulian orang dewasa lainnya juga akan mendorong anak menjadi manusia yang berkualitas di masa depan.

     Itulah penjelasan tentang 3 hal penting yang harus diperhatikan orang tua dalam tumbuh kembang anak. Terima kasih telah membaca artikel ini, apabila terdapat kekurangan saya mohon maaf. Baca juga : Cegah Anemia Datang dengan Makanan Penambah Darah.

Jangan lupa share dan komentar di bawah ya…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.