Like In Facebook

Monday 29 February 2016

Cara Tepat Menerapkan Pola Hidup Sehat

Berikut tuntunan cara tepat menerapkan pola hidup sehati yang baik dan benar.

     Sehat merupakan keadaan dimana tidak hanya terbebas dari penyakit, tetapi juga meliputi semua aspek dalam diri manusia seperti fisik, emosi, sosial dan juga spiritual. Untuk mendapatkan kesehatan, tentu saja kita harus menerapkan pola hidup sehat. Tetapi, apakah anda tahu cara menerapkan pola hidup sehat? Jika tidak, berikut saya jelaskan 8 cara tepat menerapkan pola hidup sehat.

Kenali Diri Kamu, Baik Fisik Maupun Kejiwaan


     Sedikit filosofis memang, tetapi sebenarnya justru di sini kunci pola hidup sehat. Dengan mengenali diri sendiri, kita dapat mengetahui kelemahan fisik tubuh kita. Lalu dapat memutuskan apa yang baik dan boleh dilakukan bagi tubuh, serta apa yang tidak boleh. Contohnya seperti orang yang tanpa sadar keenakan menyantap makanan asin secara berlebihan, lama-kelamaan merasakan tubuhnya berubah, seperti cepat merasa pusing, berkurangnya keseimbangan, dan sering merasa tidak enak badan.

Tidak Terburu-buru Merasa Sakit


     Pola hidup sehat kedua adalah jangan terlalu cepat merasa sakit. Hanya karena bersin, agak demam, ataupun batuk, orang telah memutuskan untuk mengkonsumsi obat. Padahal jika dibiarkan sekitar 1-3 hari, gejala sakit itu hilang sendiri. Tubuh kita memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri  dengan sistem imun. Hanya dengan beristirahat cukup, gejala sakit itu akan hilang sendiri.

Variasi-kan Makanan Sehari-hari


     Pola hidup selanjutnya adalah memvariasikan makanan sehari-hari.Melakukan variasi santapan artinya menghilangkan asumsi bahwa ada bahan makanan tertentu yang lebih bermanfaat daripada jenis makanan lainnya. Bila kita terbiasa makan daging ayam dan sapi setiap harinya, sebaiknya mengubah kebiasaan itu dengan sesekali makan ikan segar, tempe atau pun tahu sebagai selingan. Begitu juga dengan sayuran, jika hari demi hari kita makan sayur hijau, karena beranggapan hijau itu pasti bagus, sesekali perlu variasi sayur-sayuran yang tidak hijau. Hal ini dilakukan agar tubuh mendapatkan asupan gizi yang kompleks.

Menyesuaikan Konsumsi dengan Tingkat Umur


     Pola hidup sehat keempat adalah menyesuaikan konsumsi berdasarkan umur, kegiatan, serta kondisi tubuh. Pada anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, ada lima unsur gizi yang harus dipenuhi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin serta mineral, dan tidal perlu dibatasi pada masa pertumbuhan. Sebaliknya, pada orang  dewasa dan lanjut usia, pembatasan itu perlu.

Berolahraga Secara Teratur Sesuai Kemampuan


     Pola hidup sehat selanjutnya adalah berolahraga secara rutin sesuai kemampuan. Berolahraga bertujuan memperlancar peredaran darah dan mempercepat penyebaran impuls urat saraf ke bagian tubuh atau sebaliknya, sehingga tubuh selalu bugar. Diperlukan kemauan yang kuat dengan keyakinan bahwa olahraga itu mutlak perlu agar tubuh tetap bugar, karena peredaran darah dapat lebih lancar. Pada gilirannya ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan


     Lingkungan bersih memberi suasana agar lebih segar dan nyaman. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kelompok rumah yang mempunyai halaman dan lingkungan tertata baik, hijau dan juga asri mempunyai presentase kesehatan penghuni yang jauh lebih baik daripada rumah yang kacau balau dan juga kering.

Meluangkan Waktu Untuk Bersantai


     Pola Hidup Sehat yang ketujuh adalah bersantai. Meluangkan waktu untuk istirahat dan bersantai sebentar saja sangat dibutuhkan agar tidak mengalami stres. Selain itu Stamina akan pulih dan juga keseimbangan hormon di dalam tubuh tetap terjaga. Dengan ini sistem imun juga akan meningkat dan menghindarkan anda dari penyakit yang tidak diinginkan.

Menggemari Bacaan Kesehatan


     Pola hidup sehat yang terakhir adalah gemar membaca tulisan-tulisan tentang kesehatan. Ungkapan “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta” sangat pas untuk menyindir orang yang ingin tubuhnya sehat, tetapi enggan mendekati informasi tentang kesehatan. Jika dekat, kita akan tahu seluk-beluk kesehatan itu dengan lebih baik, dan kemudian dapat memakainya untuk menyusun siasat menghindari gangguan penyakit.

     Itulah penjelasan tentang cara tepat menjalankan pola hidup sehat. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak.


Jangan lupa share dan komentar dibawah ya…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.