Like In Facebook

Thursday 15 October 2015

Penjelasan Lengkap Gejala dan Pencegahan Diabetes

Kenali dan pahami gejala serta pencegahan diabetes agar anda dapat terhindar dari penyakit ini.

     Diabetes adalah penyakit gangguan metabolik yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Diabetes biasanya disebabkan oleh gangguan produksi insulin, gangguan pemanfaatan insulin, atau kedua duanya. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh organ pankreas dan berfungsi sebagai pengatur kadar glukosa/gula darah.

Diabetes Tipe 1


     Diabetes tipe 1 adalah saat tubuh tidak mampu memproduksi insulin sehingga kadar gula darah naik. Tubuh penderita diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulin sehingga mengandalkan insulin yang berasal dari suntikan.

Diabetes Tipe 2


     Diabetes tipe 2 adalah saat tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin yang diproduksi dengan baik. Penderita diabetes tipe 2 tidak memerlukan suntikan insulin, karena tubuhnya bisa memproduksi insulin hanya saja tidak dimanfaatkan dengan baik.

Gejala Diabetes


1.    Sering merasa haus.
2.    Sering buang air kecil.
3.    Sering merasa lapar.
4.    Badan mengurus dan merasa lemas.
5.    Mulut terasa kering.
6.    Mata kabur.

Gejala Diabetes Lainnya


1.    Luka susah sembuh.
2.    Kulit gatal.
3.    Kesemutan atau mati rasa pada lengan atau tungkai.
4.    Impoten.
5.    Timbunan lemak perut.

Yang Harus Anda Tahu Tentang Diabetes


     Dalam jangka panjang dan tidak terkontrol, diabetes akan merusak ginjal, mata, kaki, saraf dan pembuluh darah arteri. Diabetes juga dapat menurunkan kemampuan tubuh melawan infeksi, kadar gula yang tinggi ikut serta menyuburkan pertumbuhan bakteri.

     Jika diabetes terjadi saat kehamilan disebut dengan diabetes gestasional. Dialami oleh sekitar 4% dari seluruh ibu hamil. Diabetes pada masa kehamilan akan meningkatkan risiko komplikasi bagi ibu dan janin.

Pencegahan Diabetes


Pertahankan Berat Badan Ideal


     Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes memiliki berat badan lebih. Kelebihan berat badan dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

Ketahui Riwayat Kesehatan Keluarga


     Jika di dalam keluarga terdapat satu atau lebih anggota keluarga yang menderita diabetes, anda harus waspada karena anda akan lebih rentan terkena diabetes.

Tetap Aktif Secara Fisik


     Dengan bergerak atau berolahraga anda dapat mengontrol berat badan juga meningkatkan aliran darah.

Lakukan Pemeriksaan Kesehatan


     Jika anda berusia di atas 45 tahun, anda harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap tiga tahun sekali. Namun, jika anda termasuk kedalam faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia yang lebih dini.

Periksa dan Amati Tekanan Darah Secara Teratur


     Tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan diabetes. Jadi, dengan mengetahui tekanan darah secara teratur anda dapat melakukan tindakan tindakan pencegahan.

     Itulah penjelasan lengkap gejala dan pencegahan diabetes. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Penjelasan Lengkap Fisiologi Sistem Saraf Pusat.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.