Like In Facebook

Friday 16 October 2015

Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Rusaknya Gigi

Kebiasaan yang Dapat Menyebabkan Rusaknya Gigi

     Gigi merupakan alat bagi kita untuk mengunyah makanan, tak bisa kita bayangkan jika kita tak memiliki gigi, pasti kita kesulitan dalam mengunyah makanan. Ya, gigi sangat berperan penting dalam proses pengunyahan makanan. Ketika ada gangguan sedikit saja pada gigi rasanya sudah tak karuan minta ampun.

     Gigi memang mempunyai peran penting, tetapi banyak orang yang kurang memperhatikan akan perawatan giginya, sehingga gigi mudah terserang penyakit. Tidak hanya itu, sering kita justru melakukan tindakan-tindakan yang dapat merusak gigi. Mungkin orang tak menyadari jika tindakan tersebut dapat membuat gigi kita rusak.

     Yang menjadi pertanyaan, tindakan apa saja yang dapat menyebabkan kerusakan gigi kita? Berikut 5 tindakan yang dapat menyebabkan kerusakan gigi kita.


Mengunyah Es Batu


     Ketika cuaca terik dan panas, minum minuman yang dingin dan segar pasti sangat nikmat sekali, terlebih jika minuman tersebut dilengkapi dengan bongkahan bongkahan es batu. Nah tak jarang dalam kondisi demikian orang senang untuk mengunyah es batu. Benturan yang keras antara es batu dengan gigi akan membuat gigi terkelupas yang akan membuat lapisan pelindung gigi rusak dan akhirnya gigi mudah terserang berbagai masalah dan penyakit.

Minum Soda Berlebihan


     Soda merupakan minuman yang kurang sehat bagi tubuh. Soda selain dapat menyebabkan obesitas dan berbagai masalah kesehatan, minuman bersoda juga dapat membuat gigi menjadi rusak. Soda mengandung gula yang tentunya tak baik bagi gigi, selain itu soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang merusak enamel gigi. Batasilah dalam mengkonsumsi minuman bersoda.

Membuka Bungkusan Dengan Gigi


     Mungkin kebiasaan inilah yang kerap kita lakukan yaitu membuka bungkusan dengan gigi. Entah botol, bungkus plastik atau bungkus makanan lainnya. Kebiasaan ini dapat membuat gigi retak. Mulailah dari sekarang untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Bruxism


     Bruxism merupakan tindakan dimana orang mempermainkan gigi mereka seperti sedang mengunyah makanan sehingga menimbulkan suara gesekan antara gigi. Gesekan antara gigi tersebutlah yang dapat membuat gigi menjadi rusak.


Permen Karet


     Semua jenis permen sebetulnya tak baik untuk kesehatan gigi. Namun yang paling bahaya merupakan permen dengan tekstur yang kenyal seperti permen karet. Permen jenis ini biasanya senang menempel pada gigi dan kandungan gula di dalamnya dapat merusak enamel gigi. Untuk mengatasi hal ini anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih.

     Itulah penjelasan tentang kebiasaan yang dapat menyebabkan rusaknya gigi. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Penjelasan Lengkap Gejala dan Pencegahan Diabetes.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.