Like In Facebook

Saturday 17 October 2015

Waspadai Kolesterol

Waspadai Kolesterol
Daging Berlemak

     Dalam kondisi normal, kolesterol sangat penting bagi sel agar dapat berfungsi dengan baik. Banyak yang menyangka kolesterol hanya berasal dari makanan berlemak yang kita makan, padahal tubuh kita juga memproduksinya. Hanya 25% dari total kolesterol tubuh berasal dari makanan berlemak yang kita makan, sisa 75%-nya diproduksi oleh hati.


Hati Hati Terhadap Kolesterol!

     Kadar kolesterol tinggi meski tidak menimbulkan gejala apa apa, secara diam diam dapat merusak tubuh dari dalam. Kolesterol tubuh yang berlebihan akan menumpuk pada dinding pembuluh darah sehingga menyempitkan rongga pembuluh darah.
     Penyempitan pembuluh darah oleh tumpukan kolesterol dikenal dengan nama atherosklerosis. Penyempitan pembuluh darah oleh  kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung.


Low Density Lipoproteins atau LDL

     LDL adalah protein yang membawa kolesterol beredar pada aliran darah. Kolesterol yang terikat dengan LDL berisiko menyumbat pembuluh darah sehingga dikenal dengan nama kolesterol jahat.
     Kadar kolesterol jahat (LDL) akan meningkat seiring dengan meningkatnya konsumsi makana yang mengandung lemak jenuh atau trans fat. Angka dibawah 100 adalah target utama yang harus dicapai untuk kadar kolesterol LDL.


High Density Lipoproteins atau HDL

     HDL membawa sepertiga dari kolesterol yang beredar pada aliran darah. Kolesterol yang terikat pada HDL membantu membersihkan kolesterol LDL pada pembuluh darah sehingga HDL disebut dengan kolesterol baik.
     Makin tinggi kadar kolesterol HDL makin baik dan makin berkurang risiko terkena penyakit jantung. Target utama untuk kadar kolesterol HDL adalah di atas 50.


Trigliserida

     Trigliserida adalah lemak yang dibentuk dari kelebihan asupan kalori, gula dan alkohol. Trigliserida akan terbawa oleh aliran darah untuk disimpan pada sel lemak yang tersebar di seluruh bagian tubuh.
     Kadar trigliserida tinggi umumnya dialami oleh mereka yang gemuk, malas olahraga, perokok dan peminum alkohol. Kadar trigliserida di atas 150 menyebabkan risiko tinggi terkena sindrom metabolik yang berujung pada diabetes dan penyakit jantung.


Kadar Kolesterol

     Kadar kolesterol dapat dideteksi dengan pemeriksaan laboratorium dan dapat diturunkan dengan cara yang relatif mudah. Mereka yang berusia 20 tahun sebaiknya melakukan pemeriksaan kadar kolesterol tiap lima tahun. Pemeriksaan kolesterol akan menghasilkan data kadar kolesterol baik dan kadar kolesterol jahat serta trigliserida. Total kolesterol merupakan kombinasi dari kadar kolesterol LDL, HDL dan VDL. Targetnya harus berada di bawah 200.


Rasio Kolesterol

     Rasio kolesterol adalah rasio antara kolesterol total dengan kolesterol HDL. Rasio ideal adalah 4:1 makin kecil makin baik. Rasio kolesterol penting untuk menentukan risiko seseorang menderita penyakit jantung, tetapi tidak mempengaruhi pengobatan.


Kolesterol dan Makanan

     Makanan yang mengandung kolesterol seperti telur, kerang kerangan, lobster tidak lagi terlarang bagi mereka yang kolesterolnya tinggi. Makanan yang perlu dijauhi untuk mencegah tingginya kadar kolesterol jahat adalah yang mengandung lemak jenuh atau trans fat. Batas kolesterol yang masuk tubuh setiap hari pada orang sehat adalah 31.300mg dan 200mg untuk orang yang kolesterolnya tinggi.
     Tidak semua makanan berlemak itu jelek, makanan yang mengandung lemak tak jenuh justru bagus untuk menurunkan kadar LDL. Contoh makanan yang mengandung lemak tak jenuh adalah alpukat, minyak zaitun dan minyak kacang tanah.


Tips Menghindari Kolesterol Tinggi

     Kadar kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penting untuk terjadinya penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke.
     Ubah pola makan dengan memperbanyak konsumsi serat. Batasi konsumsi makanan berlemak jenuh pada makanan sehari hari. Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh adalah makanan yang berasal dari hewan dan minyak tropikal. Makanan berlemak jahat yang harus dikurangi adalah makanan olahan yang dioven, digoreng, margarin dan cookies.
     Berhentilah merokok karena dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kadar kolesterol jahat pada diri perokok. Selain itu turunkan berat badan dengan cara tetap aktif dan berolahraga.

     Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga : Kebiasaan yang Menyebabkan Rusaknya Gigi.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.