Like In Facebook

Sunday 13 March 2016

Inilah Hebatnya Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Wortel Untuk kesehatan

     Wortel (Daucus carota L) merupakan sayuran yang sangat dekat dengan kelinci dan merupakan komoditas dari negara Cina, Rusia dan Amerika. Hal spesial dari wortel ini adalah kandungan betakaroten-nya yang sangat tinggi. Kandungan betakaroten inilah yang menyebabkan wortel berwarna oranye. Kandungan betakaroten tinggi pada wortel dapat digunakan sebagai pemasok vitamin A yang baik.

     Banyak orang hanya mengetahui bahwa manfaat wortel untuk kesehatan hanyalah sekedar mencegah penyakit mata saja. Padahal, masih banyak manfaat wortel lainnya yang tidak disadari banyak orang. Pada artikel ini saya akan membahas beberapa manfaat wortel yang masih belum banyak diketahui. Tetapi sebelum itu, ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi wortel terlebih dahulu.

Kandungan Gizi Wortel


     Kandungan gizi wortel per 100 gram bahan.

Gizi Wortel
Jumlah
Energi
40 kcal
Karbohidrat
9 g
Gula
5 g
Serat
3 g
Lemak
0,2 g
Protein
1 g
Thiamin (Vitamin B1)
0,04 mg
Riboflavin (Vitamin B2)
0,05 mg
Niasin (Vitamin B3)
1,2 mg
Vitamin B6
0,1 mg
Kalsium
33 mg
Besi
0,66 mg
Magnesium
18 mg
Fosfor
35 mg
Potasium
240 mg
Sodium
2,4 mg

     Nah, itu dia kandungan gizi wortel per 100 gram bahan. Lanjut ke topik utama artikel ini, yaitu manfaat wortel untuk kesehatan.

Mencegah Kanker


     Betakaroten adalah senyawa penting yang tergolong kedalam karotenoida. Betakaroten terkenal karena manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila tubuh memiliki jumlah betakaroten yang baik, maka tubuh juga bisa membentuk vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh.

     Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute membuktikan bahwa kandungan tinggi betakaroten pada wortel bisa berfungsi sebagai pencegah kanker. Betakaroten mempunyai sifat antioksidan yang dapat melawan kerja destruktif sel-sel kanker.

Menurunkan Kolesterol


     Manfaat wortel yang selanjutnya adalah untuk mencegah penyakit degeneratif. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robertson seorang peneliti asal Amerika Serikat, yang dilakukan pada tahun 2000 membuktikan bahwa wortel memiliki peran penting untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 11%. Kolesterol akan turun apabila wortel dikonsumsi selama tiga minggu secara teratur. Hal ini berdampak positif pada jantung, yaitu mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Menetralkan Racun


     Manfaat wortel bukan hanya berasal dari betakaroten, tetapi juga potasium yang tentu saja tak kalah penting. Selain bisa menetralkan racun karena logam berat, potasium juga bisa membantu perokok untuk menyeimbangkan kembali tingkat keasaman darah.

Anti-Aging (Awet Muda)


     Bukan hanya betakaroten dan potasium, wortel juga mengandung  phytochemicals dengan jumlah yang cukup tinggi. Senyawa ini memiliki manfaat untuk mengurangi risiko stroke, infeksi kandung kemih, osteoporosis, kanker serta untuk anti-aging yang tentu saja akan membuat anda lebih awet muda.

Mencegah Rambut Rontok


     Pada bidang kecantikan manfaat betakaroten pada wortel dapat membantu anda dalam masalah rambut rontok. Seperti yang telah dijelaskan pada bagian “mencegah kanker”, betakaroten berfungsi untuk membentuk vitamin A. Vitamin A ini dapat melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat mengurangi masalah kerontokan rambut.

Mencerahkan Kulit


     Manfaat wortel yang terakhir adalah mencerahkan kulit. Kandungan vitamin A serta antioksidan lainnya pada wortel dapat membantu kulit anda semakin cerah, karena dengan mengkonsumsi wortel dapat membersihkan senyawa penyebab kulit kusam yang terdapat pada tubuh.

Resep Olahan Wortel (Mi Wortel)


Resep Sehat serta Nikmat dari Wortel

Bahan 1


1.    450 gram tepung terigu.
2.    100 ml jus wortel dan ampasnya.
3.    1 butir telur.
4.    1/2 gelas air.
5.    1/2 satu sendok the garam.

Bahan 2

1.    1 liter air.
2.    1 sendok makan kecap asin.
3.    1 sendok minyak ayam.
4.    1/4 satu sendok the merica.
5.    50 gram ayam suwir.
6.    Bawang goreng dan seledri.

Cara Membuat

1.    Campur seluruh bahan pertama, aduk hinga rata. Uleni adonan hingga tidak lengket di tangan. Tutup adonan dengan kain basah dan diamkan sebentar.
2.    Cetak adonan dengan alat penggiling mi. Rebus mi dalam air mendidih hingga mengapung.
3.    Sediakan mangkuk, lalu campurkan kecap asin, minyak ayam, merica dan mi. Taburkan ayam suwir, bawang goreng dan juga seledri. Sajikan.


     Itulah penjelasan manfaat wortel untuk kesehatan. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Inilah 6 Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.