Like In Facebook

Wednesday 23 December 2015

Penjelasan Lengkap Penyebab dan Gejala Asam Urat

Penyebab Asam Urat-Gejala Asam Urat


     Asam urat (gout) merupakan jenis radang sendi yang diakibatkan oleh pengkristalan natrium pada urat yang terdapat di dalam ataupun sekitar sendi. Di Indonesia asam urat adalah salah satu penyakit yang paling banyak penderitanya, dan penderita tersebut kebanyakan berusia tua dan berjenis kelamin laki-laki.
     Jika anda ingin terhindar dari penyakit yang sangat mengganggu ini, cobalah untuk mencegahnya sedini mungkin dengan mengenali gejala asam urat dan penyebab asam urat. Berikut penjelasan lengkap penyebab dan gejala asam urat yang harus anda ketahui.

Gejala Asam Urat

     Gejala asam urat yang paling umum adalah sendi yang tiba-tiba timbul rasa sangat sakit (terutama pada sendi jempol kaki). Gejala asam urat berupa nyeri ini biasanya muncul pada saat malam hari dan menyebabkan penderita kesulitan dalam berjalan ataupun aktifitas lain. Tetapi, selain nyeri pada jempol kaki, ada juga gejala asam urat yang lainnya, seperti sebagai berikut :


1.    Kulit di sekitar sendi terlihat mengkilap dan memerah.
2.    Ketika gejala nyeri sendi hilang, kulit pada area sendi yang nyeri mengelupas dan terasa sangat gatal.
3.    Sendi yang nyeri membengkak di dalam ataupun di area sekitar sendi.
4.    Rasa sakit yang sangat tak tertahankan, apalagi tersentuh benda walaupun benda tersebut lembut.

     Walaupun sendi yang paling sering terasa nyeri adalah sendi pada jempol kaki, namun tidak menutup kemungkinan nyeri muncul pada sendi yang lain. Gejala asam urat berupa nyeri juga dapat muncul pada sendi-sendi lain, yaitu :

1.    Lutut.
2.    Jari tangan.
3.    Siku.
4.    Pergelangan kaki.
5.    Pergelangan tangan.

     Pada sebagian kecil penderita hanya merasakan gejala asam urat hanya beberapa kali saja dalam hidup mereka. Sedangkan pada besar penderita asam urat lainnya, gejalanya makin meningkat dari waktu ke waktu, bahkan gejala asam urat bisa menyebar ke sendi-sendi lainnya, seperti sendi yang telah disebutkan di atas.

Penyebab Asam Urat

     Penyebab asam urat atau gout adalah penumpukan asam urat di dalam darah. Asam urat adalah semacam limbah yang terbentuk akibat dari pemecahan zat purin yang terdapat di dalam sel-sel tubuh kita. Sebagian besar asam urat dibuang oleh ginjal dalam bentuk urine dan sebagian kecil lainnya dibuang oleh sistem pencernaan dalam bentuk feses/tinja.
     Jika asam urat yang dikeluarkan dari tubuh lebih sedikit dari jumlah yang diproduksi, maka asam urat akan bertumpuk dan mengakibatkan asam urat berubah menjadi kristal-kristal tajam natrium yang berukuran mikro dan bermuara di dalam sendi ataupun di area sekitar jaringan sendi. Jika kristal-kristal yang tajam tersebut masuk ke dalam sendi, dapat mengganggu lapisan lunak sendi dan terjadilah peradangan yang rasanya sangat sakit.
     Penyebab asam urat juga dapat didorong oleh faktor lain yang dapat memicu asam urat menumpuk seperti makanan, minuman, obat-obatan, hingga riwayat keluarga.


1.   Makanan Penyebab Asam Urat
Makanan yang kaya dengan kandungan zat purin seperti jeroan, daging merah dan makanan laut dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh.
2.   Minuman Keras Penyebab Asam Urat
Apabila anda terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras, maka produksi asam urat di dalam hati anda akan meningkat, selain itu alkohol juga dapat menghambat proses pembuangan asam urat melalui urin.
3.   Minuman Tinggi Gula Penyebab Asam Urat
Penyebab asam urat selanjutnya adalah minuman yang manis. Menurut sebuah penelitian, minuman yang sangat manis dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit asam urat.
4.   Masalah Kesehatan Lainnya Penyebab Asam Urat
Seseorang akan mudah terkena asam urat jika dia memiliki penyakit seperti kolesterol tinggi, osteoarthritis, diabetes, tekanan darah tinggi dan juga penyakit ginjal.
5.   Obat-Obatan Penyebab Asam Urat
Dalam sebuah penelitian, telah dibuktikan bahwa obat-obatan seperti niacin, diuretik dan juga aspirin ternyata dapat menjadi faktor penyebab asam urat.

   
     Itulah penjelasan lengkap penyebab dan gejala asam urat. Hindari lah penyebab asam urat yang telah dijelaskan diatas agar anda dapat terhindar dari penyakit ini. Dan juga kenali lah gejala asam urat yang telah di jelaskan di atas agar anda dapat mencegah penyebaran asam urat pada sendi-sendi yang lain.
     Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Cegah Kanker Serviks Dengan Mengenali Gejalanya Berikut Ini!.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.