Like In Facebook

Thursday 24 December 2015

7 Manfaat Daun Sirih yang Terbukti Ampuh!

Manfaat Daun Sirih


     Daun sirih adalah tanam asli dari Indonesia yang tumbuh dengan cara merambat atau ‘bersandar’ pada batang pohon lain. Daun dan buahnya biasanya dikungah bersamaan dengan pinang, kapur, tembakau dan gambir sebagai budaya Indonesia. Namun, nenek moyang kita mengunyah daun sirih bukan tanpa alasan, mereka mengunyah nya untuk mendapatkan manfaat daun sirih tersebut. Berikut ini penjelasan tentang 7 khasiat daun sirih.

Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Radang Tenggorokan

Manfaat Daun Sirih Untuk Radang Tenggorokan

     Menghilangkan radang tenggorokan adalah salah satu manfaat  daun sirih yang ampuh. Gejala dari radang tenggorokan hampir mirip dengan asma, walaupun bukan merupakan penyakit yang mematikan tetapi radang tenggorokan bergejala yang sangat mengganggu dan menghambat aktivitas sehari-hari. Cara membuat ramuannya adalah dengan merebus daun sirih secukupnya bersama dengan air dan sedikit madu. Kemudian minumlah air hasil rebusannya saat anda sedang radang tenggorokan. Air rebusan daun sirih ini berfungsi untuk melegakan tenggorokan.


Manfaat Daun Sirih Untuk Melancarkan Haid

     Untuk anda para wanita yang biasanya mengalami masalah ketika menstruasi atau haid, dan juga anda tidak suka dengan jamu yang di gadang-gadang dapat melancarkan haid, anda bisa mulai mencoba untuk mengkonsumsi rebusan daun sirih. Khasiat daun sirih untuk melancarkan haid sudah terbukti sejak dulu, hal inilah yang menyebabkan obat pelancar haid modern sekarang banyak mengandung ekstrak daun sirih. Caranya adalah menyiapkan 4-5 daun sirih yang telah dicuci bersih, lalu rebus daun sirih tersebut hingga mendidih, kemudian diamkan hingga hangat. Jika sudah hangat minum rebusan daun sirih tersebut setiap anda sedang dalam masa haid.


Manfaat Daun Sirih Bagi Penderita Asma

Manfaat Daun Sirih Untuk Asma

     Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan yang menyebabkan menyempit nya saluran napas. Jika anda menderita asma atau memiliki riwayat keluarga yang asma. Ada baiknya anda mencoba manfaat daun sirih yang satu ini. Cara membuat obat asma dari daun sirih adalah dengan mencuci bersih 4-5 daun sirih, lalu rebus menggunakan 2 gelas air hingga hanya tersisa satu gelas lagi.  Minum rebusan ini secara rutin sekitar 2-3 kali dalam sehari.


Manfaat Daun Sirih Bagi Penderita Bau Mulut

Manfaat Daun Sirih Untuk Bau Mulut

     Manfaat daun sirih selanjutnya adalah menghilangkan bau mulut. Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam rongga mulut atau pangkal kerongkongan. Bau mulut ini sangat mengganggu dan dapat membuat minder, sehingga malu untuk mengobrol dengan seseorang (terutama pacar atasan anda). Anda dapat menghilangkan bau mulut menggunakan daun sirih dengan cara merebus nya seperti cara-cara diatas.


Manfaat Daun Sirih Untuk Sariawan

Manfaat Daun Sirih Untuk Sariawan

     Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk mengobati sariawan. Caranya sangat simpel, hanya dengan mengunyah selembar daun salam dan tunggu beberapa detik, lalu kumur-kumur menggunakan air hangat. Tetapi jika anda tidak tahan dengan bau daun sirih, anda bisa merebus 3 lembar daun sirih dengan 2 gelas air, kemudian tunggu hingga air hana tersisa 1 gelas. Berkumur lah menggunakan air rebusan daun sirih tersebut dalam keadaan hangat. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.


Manfaat Daun Sirih Untuk Mencegah Gigitan Nyamuk

Manfaat Daun Sirih Untuk Demam Berdarah

     Manfaat daun sirih berikutnya adalah untuk mencegah gigitan nyamuk, sehingga anda dapat terhindar dari penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Caranya adalah dengan menumbuk halus 3 lembar daun salam dengan sedikit madu dan sedikit air. Lalu oleskan pada kulit yang kira-kira akan sering digigit nyamuk ketika. Oleskan setelah anda mandi dan biarkan hingga kering, lalu bilaslah tubuh anda dengan air hangat.


Manfaat Daun Sirih Untuk Menghilangkan Bau Ketiak

Manfaat Daun Sirih Untuk Bau Ketiak

    Selain menghilangkan bau mulut, daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak. Bau ketiak sama mengganggunya dengan bau mulut, karena juga dapat menyebabkan minder. Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan daun sirih adalah dengan merebus 20-30 lembar daun sirih dengan satu panci air. Jika sudah mendidih, campurkan dengan air biasa agar tidak terlalu panas. Gunakan air rebusan ini untuk mandi 2 kali sehari.

     Itulah penjelasan tentang 7 manfaat daun sirih yang terbukti ampuh. Jika diterapkan dengan benar Insha Allah manfaat-manfaat daun sirih di atas efektif. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Penjelasan Lengkap Penyebab dan Gejala Asam urat.
     Jangan lupa untuk share dan komentar ya.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.