Like In Facebook

Sunday 6 December 2015

7 Obat Batuk Tradisional Terbukti Ampuh!

Obat Batuk Kering dan Berdahak

     Batuk merupakan mekanisme tubuh yang berfungsi untuk membuang benda asing yang masuk ke saluran pernapasan tubuh terutama hidung dan tenggorokan. Batuk sebenarnya tidak membutuhkan obat, karena hal ini adalah hal yang normal bagi tubuh. Namun, jika batuknya membandel ada baiknya anda menggunakan obat batuk. Berikut ini adalah 7 obat batuk tradisional untuk berdahak maupun kering.

Obat Batuk Tradisional

     Sebelum anda menggunakan obat batuk modern, ada baiknya anda mencoba dulu obat batuk berdahak dan kering tradisional berikut ini. Karena telah terbukti ampuh dan juga murah.

Obat Batuk Tradisional Jahe Merah
Obat Batuk Tradisional Dari Jahe

     Jahe merah lebih efektif untuk menjadi obat batuk kering dari pada batuk berdahak. Namun, bukan berarti jahe merah tidak dapat mengatasi batuk berdahak. Jahe merah ini juga dapat digunakan untuk batuk berdahak, namun tak terlalu efektif. Caranya kupas jahe merah dan cuci hingga bersih, lalu kunyah hingga airnya keluar. Telan air jahe merah itu lalu buang ampasnya. Lakukan sekitar dua kali dalam sehari, hingga batuknya hilang.

Obat Batuk Tradisional Daun Kayu Putih
Obat Batuk Tradisional Dari Kayu Putih

     Daun kayu putih bukan hanya ampuh untuk menghangatkan tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk dijadikan obat batuk berdahak. Memang agak sulit mendapatkan daun kayu putih, jadi jika anda mendapatkan daun kayu putih simpanlah sebaik-baiknya. Cara membuatnya yaitu dengan merebus 15 gram daun kayu putih di dalam 2-3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas lagi. Minumlah air rebusan tersebut dalam keadaan hangat.

Obat Batuk Tradisional Kunyit
Obat Batuk Tradisional Dari Kunyit

     Kunyit memang telah dikenal dengan tanaman “sejuta” manfaat. Manfaat kunyit yang banyak ini dikarenakan kandungan anti biotik nya yang sangat tinggi. Kandungan anti-biotik ini ampuh untuk mengatasi peradangan saluran pernapasan yang biasanya mengakibatkan batuk kering. Caranya, siapkan sekitar 1 sendok bubuk kunyit dan setengah sendok the bubuk merica. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukan dua bahan tersebut dan aduk hingga rata. Minum obat batuk tradisional ini dua kali sehari dalam keadaan hangat.

Obat Batuk Tradisional Daun Sirih
Obat Batuk Tradisional Dari Daun Sirih

     Obat batuk tradisional lainnya adalah daun sirih. Daun sirih tidak kalah efektif dari pada obat batuk modern yang dibuat oleh pabrik. Daun sirih efektif menjadi obat batuk berdahak, cara membuatnya adalah dengan merebus daun sirih bersama sedikit jahe dalam 2 gelas air. Minum air rebusan ini sekali dalam sehari. Selain mengatasi batuk, rebusan ini juga dapat menjaga tubuh anda tetap hangat dan pastinya sehat.

Obat Batuk Tradisional Belimbing Wuluh
Obat Batuk Tradisional Dari Belimbing Wuluh

     Dibalik rasa asamnya, belimbing wuluh memiliki beragam manfaat salah satunya adalah sebagai obat batuk kering tradisional yang efektif. Caranya, parut lah sekitar 10 buah belimbing wuluh yang telah dicuci bersih. Masukkan parutan ke dalam segelas air yang telah diberi sedikit garam, aduk rata. Lalu saring dan singkirkan ampasnya. Minum air saringan ini dua kali pada pagi dan sore hari secara rutin.

Obat Batuk Tradisional Kencur
Obat Batuk Tradisional Dari Kencur

     Kencur juga dapat dijadikan obat batuk berdahak, terutama jika digunakan bersama dengan jahe. Cara membuat obatnya adalah dengan menyiapkan kencur dan jahe secukupnya, parut kedua bahan tersebut dan campurkan. Lalu, rebus campuran kencur dan jahe tersebut dalam segelas air mendidih. Saring ampasnya dan buang, lalu minum air rebusan kencur dan jahe tersebut dalam keadaan hangat sekitar dua kali sehari.

Obat Batuk Tradisional Jeruk Nipis
Obat Batuk Tradisional Dari Jeruk Nipis

     Ada banyak sekali manfaat dari jeruk nipis bagi kesehatan kita. Salah satu manfaatnya adalah dapat dijadikan sebagai obat batuk berdahak maupun kering. Caranya campurkan perasan jeruk nipis ke dalam madu. Jika anda mau dapat anda tambahkan kapur sirih, lalu masukkan air secukupnya. Aduk hingga rata kemudian minum ramuan ini sedikitnya 2 kali sehari.

     Itulah penjelasan tentang 7 obat batuk tradisional yang telah terbukti ampuh. Jika anda menyukai artikel ini silahkan share sesuka anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : 7 Bahan Ini Dapat Meredakan Sakit Gigi Anda Dalam Sekejap!.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.