Like In Facebook

Tuesday 8 December 2015

7 Solusi Ampuh Obat Radang Tenggorokan

Obat Radang Tenggorokan


     Radang tenggorokan atau dalam istilah kedokteran disebut faringitis adalah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada tenggorokan sehingga menyebabkan radang di tenggorokan. Cara mengobati radang tenggorokan dapat menggunakan obat radang tenggorokan yang dibuat oleh pabrik, dan juga bisa menggunakan obat radang tenggorokan alami yang dapat anda buat sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa obat alami radang tenggorokan yang patut anda coba di rumah.


Obat Radang Tenggorokan

     Ada banyak obat radang tenggorokan, tetapi pada artikel ini saya hanya akan membahas 7 obat radang tenggorokan alami. Berikut penjelasannya.

Sup Ayam
Sup Ayam Untuk Obat Radang Tenggorokan

     Sup ayam ternyata dapat dimanfaatkan untuk membantu menenangkan radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan kaldu ayam yang terdapat dalam sup ayam memiliki kandungan natrium yang bersifat anti-inflamasi sehingga dapat menjadi obat radang tenggorokan yang cukup ampuh. Selain itu, sup ayam yang berbentuk cair ini dapat mudah ditelan tanpa menambah rasa sakit pada tenggorokan.

Teh Hangat

Teh Untuk Obat Radang Tenggorokan

     Teh hangat dapat meredakan rasa tak nyaman karena radang tenggorokan dengan cepat. Teh memiliki banyak kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imun) sehingga dipercaya mampu dijadikan obat radang tenggorokan. Teh ini dapat dicampur dengan madu ataupun lemon. Minumlah teh lemon/madu setiap harinya saat anda terkena radang tenggorokan.

Madu
Madu Untuk Obat Radang Tenggorokan

     Telah banyak riset yang membuktikan bahwa madu memiliki sifat antijamur, antibakteri dan antivirus yang ampuh. Dengan sifat-sifat tersebut, sudah pasti madu dapat digunakan sebagai solusi obat radang tenggorokan. Selain ampuh untuk radang tenggorokan, madu juga dapat mengatasi batuk, dan penyakit pernapasan ringan lainnya. Madu ini telah digunakan selama berabad-abad oleh orang zaman dulu, jadi madu adalah obat kuno namun efektif.

Kunyit
Kunyit Untuk Obat Radang Tenggorokan

     Kunyit merupakan obat tradisional yang sangat efektif untuk meredakan rasa sakit saat radang tenggorokan. Kunyit pun sangat mudah di temukan di Indonesia serta murah harganya. Cara mengobati radang tenggorokan dengan kunyit adalah dengan mencampurkan satu sendok the garam dan sedikit kunyit kedalam 200 ml air hangat. Berkumur lah dengan air campuran tersebut secara rutin setiap hari.

Jus Belimbing
Belimbing Untuk Obat Radang Tenggorokan

     Jus buah belimbing dipercaya memiliki berbagai khasiat karena memiliki sifat anti radang yang dapat digunakan untuk obat radang tenggorokan. Cara membuatnya adalah sediakan sekitar 100 gram buah belimbing, kemudian buat lah jus dengan tambahan sedikit air dan tanpa gula. Minum jus belimbing secara rutin setiap hari hingga radang tenggorokan hilang.

Lemon
Lemon Untuk Obat Radang Tenggorokan

     Buah lemon terkenal dengan kandungan antioksidan nya yang tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk obat radang tenggorokan. Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Jangan tambahkan gula, minumlah sekitar 2 sampai 3 kali sehari ketika perut sedang kosong (sekitar 60 menit sebelum makan).

Uap Air Panas
Uap Air Untuk Obat Radang Tenggorokan

     Obat radang tenggorokan yang paling ampuh lainnya adalah dengan menghirup uap hangat dari rebusan air. Caranya sangatlah mudah, letakkan air panas di dalam panci lalu taruh di depan anda. Pakailah handuk unruk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari air panas tersebut melalui hidung, dan sesekali hirup juga melalui mulut.

     Itulah penjelasan tentang 7 solusi ampuh obat radang tenggorokan. Namun, jika gejala-gejala yang timbul tidak wajar (parah) ada baiknya anda memeriksakannya ke dokter untuk didiagnosis. Jika anda menyukai artikel ini silahkan share sesuka anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : 7 Obat Batuk Tradisional yang Terbukti Ampuh!.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.