Like In Facebook

Saturday 28 November 2015

7 Manfaat Ampuh Minyak Zaitun

Khasiat dan Manfaat Minyak Zaitun



     Ternyata sangat banyak khasiat minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun yang dimilikinya pun beragam, mulai dari kecantikan wajah, rambut, kulit dan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya. Berikut penjelasan tentang manfaat minyak zaitun.

Mengatasi Wajah Berminyak
Cara Mengatasi Wajah Berminyak

    Salah satu manfaat minyak zaitun untuk wajah adalah untuk mengatasi wajah berminyak. Salah satu cara mengatasi wajah berminyak dengan minyak zaitun adalah menggunakan campuran minyak zaitun dengan bubuk cendana sebagai masker. Lakukan hal ini sekitar 15 menit sehari. Jika selesai, bilas masker minyak zaitun ini dengan air.

Menghilangkan Bekas Jerawat
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

     Manfaat lain minyak zaitun untuk wajah adalah menghilangkan bekas jerawat. Minyak yang ramah kulit ini dapat menghilangkan bekas jerawat hanya dalam 2 minggu, tergantung dengan tingkat keparahan nya. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan minyak zaitun adalah dengan memijat area kulit wajah yang terdapat bekas jerawatnya. Lakukan pemijatan ini secara rutin setiap harinya.

Memanjangkan Rambut
Cara Cepat Memanjangkan Rambut

     Manfaat minyak zaitun untuk rambut salah satunya adalah memanjangkan rambut. Bagi anda yang ingin memiliki rambut panjang yang indah anda dapat memanfaatkan minyak zaitun. Cara cepat memanjangkan rambut dengan minyak zaitun adalah dengan mencampurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan perasan lemon dan lada halus. Oleskan campuran minyak zaitun ini ke rambut anda secara perlahan dan merata. Ulangi langkah di atas sekali sehari.

Menghilangkan Kutu Rambut

     Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut yang biasanya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Minyak zaitun dapat mematikan telur kutu dan melemaskan kutu rambut. Cara menghilangkan kutu rambut dengan minyak zaitun cukup dengan mengoleskan minyak zaitun dengan merata ke rambut anda, lalu balut kepala anda dengan handuk. Lakukan hal ini setiap hari dalam seminggu.

Mencegah Radikal Bebas

     Minyak zaitun memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk membantu tubuh dalam detoksifikasi bernama antioksidan-polifenol. Polifenol ini dapat mendetoksifikasi molekul yang tidak seimbang, sehingga sangat ampuh untuk mencegah radikal bebas.

Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit Jantung

     Minyak zaitun juga dapat menurunkan risiko anda untuk terkena penyakit jantung jika dikonsumsi secara rutin. Mengkonsumsi sekitar 4-5 sendok minyak zaitun tiap hari juga dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

Menurunkan Tekanan Darah
Cara Menurunkan Tekanan Darah

     Minyak zaitun memiliki kandungan polifenol dan juga oleic acid tinggi yang memiliki sifat anti-inflamasi. Minyak zaitun dapat menurunkan tekanan darah pada pria maupun wanita. Cara menurunkan tekanan darah dengan minyak zaitun cukup dengan mengkonsumsi 2 sendok minyak zaitun setiap harinya. Atau dengan memasukkan minyak zaitun dalam masakan anda.

Cara Tepat Mengkonsumsi Minyak Zaitun

     Jika anda ingin membuat salad atau menumis sayur dengan api sedang, gunakanlah minyak zaitun. Hal ini karena minyak ini mempunyai rasa yang berbeda, anda bisa langsung menggunakannya ke dalam piring dengan sayur yang dikukus, sup ataupun roti.
     Jika anda ingin memasak makanan yang menggunakan api besar, sebaiknya jangan menggunakan minyak zaitun. Karena minyak zaitun memiliki titik panas yang lebih rendah dari pada minyak lain. Sehingga jika minyak zaitun terkena api yang terlalu panas, minyak zaitun akan berasap dan kandungan-kandungan sehat yang terdapat di dalam minyak zaitun pun berkurang. Memasak minyak zaitun dengan api besar pun berpotensi mengubah senyawa di dalam minyak zaitun menjadi racun yang dapat merugikan anda.

     Itulah penjelasan tentang  7 manfaat ampuh minyak zaitun yang dapat saya sampaikan pada hari ini. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : 

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.