Like In Facebook

Friday 27 November 2015

8 Manfaat Ampuh Buah Tomat

Manfaat Tomat


     Manfaat tomat untuk kesehatan sangatlah banyak, sehingga sudah banyak orang yang telah menyadari manfaat buah tomat. Hampir semua manfaat tomat berasal dari kandungan likopen nya, likopen merupakan zat antioksidan yang paling kuat. Namun, fungsi likopen bagi setiap orang berbeda tergantung dari jenis kelamin dan karakter orang tersebut. Berikut adalah penjelasan tentang khasiat tomat.


Mempercepat Proses Penyembuhan Luka


     Manfaat tomat sudah banyak diketahui oleh masyarakat, salah satu manfaatnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka. Tak hanya itu, tomat juga dapat menyembuhkan penyakit rabun senja jika dikonsumsi secara rutin dan teratur.


Mencegah Kanker


     Kebanyakan manfaat tomat datang dari kandungan likopen nya. Likopen adalah zat antioksidan yang disebut-sebut sebagai antioksidan paling kuat di dunia. Zat ini dapat mencegah berbagai bentuk kanker terutama kanker prostat. Memasukan tomat dalam daftar konsumsi sehari-hari dapat menjadi salah satu cara mencegah kanker yang ampuh.


Mencegah Osteoporosis


     Yang membuat likopen menjadi antioksidan yang paling kuat adalah adanya ikatan rangkap dalam molekulnya. Salah satu fungsi likopen lainnya adalah mencegah osteoporosis pada usia tua. Jika anda tidak ingin menderita osteoporosis pada saat tua, mulailah dari sekarang untuk rutin mengkonsumsi tomat.


Mencegah Penuaan


     Selain likopen, di dalam tomat juga terkandung senyawa aktif yang bermanfaat melawan radikal bebas. Tomat dapat menjadi pencegah penuaan dikarenakan kandungan fenol nya yang tinggi. Selain mencegah penuaan fenol pun dapat digunakan sebagai anti-inflamasi, anti alergi, pencegah penyakit kardiovaskuler, pencegah kanker dan penyakit neuron degeneratif.


Mencerahkan Kulit


     Tomat mempunyai kandungan vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Vitamin C ini dapat mengatasi masalah kulit hitam yang gelap. Cara memutihkan kulit dengan tomat cukup mudah yaitu potong tomat cukup tebal lalu gosokan ke wajah secara merata, lakukan hal ini setiap hari sekali.


Menghilangkan Bekas Jerawat


     Selain vitamin C dan vitamin A, tomat juga kaya akan asam yang bisa menghilangkan bekas jerawat. Untuk jerawat  yang kecil, cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat cukup mudah. Cukup dengan menggosokkan sedikit tomat pada bekas jerawat.


Menghilangkan Ketombe


     Tomat dapat menjadi cara menghilangkan ketombe. Caranya cukup mudah, hanya dengan menumbuk tomat lalu dicampur dengan lemon dan usapkan di kulit kepala. Lakukan hal ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal


Proteksi Sinar UV-B


     Fenol memiliki berbagai macam jenis, namun yang paling banyak terkandung pada tomat adalah flavonoid dan fenol hidroksi sinamat. Keduanya berfungsi sebagai proteksi terhadap sonar UV-B dan sebagai daya tahan terhadap patogen.

     Itulah penjelasan tentang khasiat buah tomat. Jika anda bingung bagaimana cara mengkonsumsi tomat yang tepat, berikut saya berikan penjelasannya.


Cara Tepat Mengkonsumsi Tomat


     Bagian yang dikonsumsi dari tomat adalah bagian kulit, daging dan bijinya. Saat ini, masih banyak orang yang belum menyadari bahwa tomat memiliki kandungan senyawa aktif yang tinggi dan bermanfaat. Flavonoid yang berperan sebagai antioksidan banyak ditemukan di bagian kulit tomat. Sangat dianjurkan ketika mengkonsumsi tomat, tidak membuang bagian kulitnya.
     Terkait dengan sifat likopen yang akan meningkat jika telah dipanaskan, maka cara terbaik mengkonsumsi tomat adalah dengan mengolahnya terlebih dahulu. Proses pemasakan nya sendiri bermacam-macam, dapat diolah menjadi bagian sayuran atau dibuat menjadi jus dan pasta tomat. Namun, tomat yang segar juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah tinggi. Berikut adalah tabel daftar kandungan gizi pada tomat merah dalam 100 gram bahan.


Daftar Gizi
Jumlah Gizi
Air
94 %
Lemak
0,2 %
Protein
0,9 g
KH
4,3 g
Serat
0,8 g
Zat Besi
0,5 g
Kalsium
7 mg
Fosfor
23 mg
Sodium
8 mg
Potasium
207 mg
Thiamin
0,06 mg
Riboflavin
0,05 mg
Niasin
0,6 mg
Asam Askorbat
17,6 mg
Vitamin B
0,05 mg
Energi
19 kcal
Vitamin A
7.600 Ul

Menu Olahan Tomat



Sup Tomat Bola Daging


Bahan bola daging :

1.    150 gram daging sapi cincang.
2.    1 kuning telur ayam.
3.    1 sdm tepung terigu.
4.    1 siung bawang putih parut.
5.    1/2  sdt merica bubuk.
6.    1/4 pala bubuk.
7.    1sdt garam.

Bahan sup :
1.    2 sdm minyak sayur.
2.    10 gram bawang bombai cincang.
3.    500 gram tomat parut.
4.    2 sdt tomat pasta.
5.    1 lembar daun bay.
6.    Setengah sdt oregano kering.
7.    Setengah sdt merica bubuk.
8.    2 sdt garam.
9.    1 liter air kaldu daging.
10.    50 gram pasta kerang rebus
11.    2 sdm kacang polong beku.

Cara membuat :
1.    Campurkan semua bahan bola daging, aduk hingga tercampur rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil sebesar kelereng. Lakukan hingga semua bahan habis.
2.    Tumis bawang bombai hingga layu. Masukkan tomat parut, tomat pasta, daun bay, oregano, merica, garam dan air kaldu. Masak hingga mendidih.
3.    Masukan bola-bola daging, masak hingga mengapung. Lalu tambahkan pasta rebus dan kacang polong. Masak kembali hingga kuahnya mendidih, angkat dan sajikan. (5 porsi).

Jus Tomat Mentimun


Bahan:

1.    2 buah tomat merah.
2.    1 buah mentimun ukuran sedang.
3.    Setengah buah jeruk lemon.

Cara Membuat :
1.    Cuci bersih bahan, lalu potong-potong.
2.    Masukkan bahan ke dalam juicer, blender hingga sarinya keluar. Lalu tampung di dalam gelas, langsung sajikan.


     Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga : Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus.

1 comment:

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.