Like In Facebook

Wednesday 25 November 2015

Penjelasan Lengkap Penyebab dan Gejala Penyakit Lupus

Gejala Lupus dan Ciri-Ciri Penyakit Lupus

     Apa itu penyakit lupus? Penyakit lupus adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh (imun) yang terganggu, sehingga malah menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri. Inflamasi yang diakibatkan oleh lupus dapat menyerang bagian tubuh seperti sel darah, jantung, paru-paru, kulit dan sendi.

     Ciri-ciri penyakit lupus kebanyakan mirip dengan gejala penyakit lain, sehingga sulit untuk di diagnosis. Gejala lupus sangat beragam, mulai dari yang ringan hingga yang parah dan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini tidak menular, tetapi dapat berbahaya dan menyebabkan kematian. Gejala penyakit lupus biasanya adalah kelelahan, pembengkakan sendi, sakit dan ruam pada kulit.

Penyebab Penyakit Lupus


     Para peneliti menduga bahwa ada beberapa faktor genetika yang bisa meningkatkan risiko seorang akan terkena lupus. Faktor-faktor lingkungan juga diduga dapat menjadi pemicu penyakit lupus. Berikut penjelasan penyebab penyakit lupus.

Pengaruh Genetika


     Faktor genetika dipercaya salah satu penyebab lupus eritematosus sistemik (SLE) karena ada penelitian yang mendapatkan bukti bahwa jika salah satu anak kembar identik menderita SLE, saudara identiknya akan memiliki risiko setinggi 25% akan terkena LSE.

     Mutasi genetika kemungkinan menjadi penyebab SLE terbesar. Menurut para pakar, ada beberapa mutasi genetika yang mungkin menjadi pemicu meningkatnya risiko SLE. Saat terjadi kekacauan pada perintah normal dari gen tertentu, mutasi genetika akan terjadi. Hal ini dapat mengakibatkan ketidaknormalan dalam kinerja sel-sel tubuh.

     Gen-gen yang bermutasi biasanya memiliki hubungan dengan fungsi tertentu dari sistem kekebalan tubuh. Nah, kemungkinan inilah yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh penderita SLE mengalami kerusakan dan menyerang diri sendiri.

Pengaruh Lingkungan


     Risiko orang yang mudah menderita SLE dapat meningkat jika di picu oleh beberapa faktor lingkungan. Meski belum banyak diketahui, faktor-faktor tersebut meliputi sebagai berikut.

1.    Paparan sinar matahari berlebihan.
2.    Obat yang memicu lupus.
3.    Perubahan jumlah hormon yang terjadi pada wanita.

     Selain faktor-faktor tersebut, virus Epstein-Barr (EBV) juga diduga berkaitan dengan SLE. Tetapi yang menjadi permasalahan adalah, infeksi virus ini tidak menyebabkan gejala apapun, sehingga sulit dicegah atau diobati.

Gejala Penyakit Lupus


     Gejala penyakit lupus sangatlah beragam, mulai dari ringan hingga parah. Banyak penderita lupus yang hanya merasakan beberapa gejala ringan dalam waktu yang lama, dan tiba-tiba mengalami serangan yang parah. Berikut adalah gejala penyakit lupus.

Nyeri Pada Persendian


     Gejala utama dari penyakit lupus adalah rasa nyeri. Gejala ini umumnya muncul pada persendian tangan dan kaki penderita. Rasa nyeri juga mungkin berpindah dengan cepat dari satu sendi ke sendi lainnya. Namun, lupus tidak menyebabkan kerusakan permanen pada persendian.

Ruam Pada Kulit


     Ruam adalah salah satu ciri khas dari penyakit lupus, ruam ini menyebar pada pipi dan batang hidung. Gejala ini sering dikenal dengan ruam kupu-kupu (butterfly rash) karena bentuknya mirip kupu-kupu. Ruam pada penderita lupus dapat membekas secara permanen dan akan bertambah parah jika ter papar sinar matahari.

Rasa Lelah yang Ekstrem


     Gejala yang paling sering terjadi pada penyakit lupus adalah merasa sangat lelah. Banyak penderita lupus yang menceritakan bahwa gejala ini merupakan dampak negatif terbesar dari penyakit ini. Rasa lelah pun tetap muncul bahkan setelah penderita istirahat.

Cara Mengobati Penyakit Lupus


     Lupus tidak dapat disembuhkan secara permanen. Tujuan dari pengobatan lupus adalah hanya untuk mengurangi tingkat gejala serta mencegah kerusakan organ pada penderita lupus.

     Berkat pengobatan penyakit lupus yang terus berkembang, hampir semua penderita lupus saat ini dapat hidup normal atau setidaknya mendekati tahap normal. Bantuan dan dukungan dari keluarga dan teman dekat juga memiliki peran penting dalam membantu para penderita penyakit lupus dalam menghadapi penyakit mereka.

     Itulah penjelasan lengkap tentang penyebab dan gejala penyakit lupus. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini, saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Gejala-Gejala Penyakit Kelamin.

Jangan lupa share dan komentar di bawah ya...

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.