Like In Facebook

Sunday 29 November 2015

7 Manfaat Hebat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis


     Siapa yang tidak tahu jeruk nipis? Si buah ‘mini’ yang terkenal dengan rasa asamnya. Tetapi dibalik rasa asamnya, ada banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Manfaat jeruk nipis yang banyak ini disebabkan karena kandungan dasar di dalamnya yang memang efektif untuk kesehatan tubuh, seperti serat, Vitamin C, Flavonoid, asam sitrat, dll. Berikut adalah penjelasan manfaat jeruk nipis untuk wajah, diet, rambut, dan kesehatan.


Menghilangkan Komedo
Cara Menghilangkan Komedo

     Komedo adalah masalah yang paling sering terjadi pada banyak orang. Banyak orang yang merasa kesal dengan komedo karena sulit unruk membersihkannya, setelah bersih pasti muncul lagi. Namun salah satu manfaat jeruk nipis untuk wajah adalah dapat menghilangkan komedo. Dengan jeruk nipis kita tidak hanya membersihkan tetapi juga menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis sangatlah mudah, cukup dengan mengoleskan perasan jeruk nipis pada malam hari dan bersihkan ketika pagi hari. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari hingga komedo hilang.


Menghilangkan Bekas Jerawat
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

     Bekas jerawat di wajah tentulah sangat mengganggu, karena dapat menyebabkan anda kurang percaya diri jika bertemu dengan seseorang. Namun tidak usah khawatir, solusinya ada di dapur anda. Ya, jeruk nipis dapat menghilangkan bekas jerawat!. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis sama dengan cara menghilangkan komedo di atas. Yaitu, mengoleskan perasan jeruk di wajah pada malam hari lalu bilas pada pagi hari menggunakan air dingin.


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet
Manfaat Jeruk Nipis Untuk Diet

     Ternyata jeruk nipis efektif juga untuk anda yang sedang berdiet. Jeruk nipis kaya akan kandungan asam sitrat. Asam sitrat jika masuk kedalam tubuh akan bertindak sebagai bantuan pencernaan yang sehat dan alami. Asam ini akan berinteraksi dengan asam lain yang terdapat di dalam lambung. Minumlah perasan 2 jeruk nipis yang dicampur dengan sedikit air setiap hari untuk membantu proses diet anda.


Membasmi Panu
Obat Panu Tradisional

     Anda dapat membuat obat panu tradisional sendiri dengan menggunakan jeruk nipis. Cara membuatnya yaitu siapkan sekitar 1 genggam akar landep yang telah dicuci bersih dan 1 buah jeruk nipis. Tumbuk akar landem dan campurkan dengan perasan jeruk nipis dengan diaduk. Oleskan obat ini di area yang terdapat panu secara rutin 2 kali sehari.


Menghilangkan Ketombe
Cara Menghilangkan Ketombe

     Salah satu masalah rambut yang paling umum adalah ketombe. Ketombe terjadi karena kurang diperhatikannya kebersihan rambut, sehingga kulit ari kepala terkelupas. Nah, salah satu manfaat jeruk nipis untuk rambut adalah dapat menghilangkan ketombe. Jeruk nipis dapat anda manfaatkan menjadi produk shampoo anti ketombe alami buatan anda sendiri. Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan minyak zaitun, lalu oleskan ke seluruh permukaan kulit rambut beserta rambutnya. Lakukan hal ini setiap hari secara rutin.


Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Penyakit Jantung

     Salah satu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan adalah dapat menurunkan risiko penyakit. Jeruk nipis mengandung serat larut yang sangat membantu dalam menjaga kadar gula dalam darah. Jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi kandungan LDL di dalam pembuluh darah dan jantung. Bukan hanya itu, jeruk nipis pun dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung lainnya seperti serangan jantung, stroke, dan lain-lain.


Mengatasi Demam
Obat Demam

     Jeruk nipis dapat berperan sebagai obat demam alami. Kandungan Vitamin C yang ditemukan di dalam jeruk nipis dapat secara alami menurunkan suhu tubuh. Cukup dengan perasan 1 jeruk nipis yang dicampur sedikit air saat anda terkena demam. Untuk anak yang tidak menyukai rasa asam, tambahkan sedikit gula.

     Itulah penjelasan tentang 7 Manfaat Hebat Jeruk Nipis. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : 7 Manfaat Ampuh Minyak Zaitun.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.