Like In Facebook

Monday 26 September 2016

Hebatnya Manfaat Apel Bagi Kesehatan

Apel dengan nama ilmiah Mulus domestica sudah dikenal sejak lama sekali di berbagai belahan dunia. Apel merupakan salah satu buah yang berasal dari Asia Tengah. Karena manfaat apel yang sangat baik untuk kesehatan ada sebuah istilah yaitu “one apple a day keeps the doctor away” apakah istilah ini benar? Mari kita bahas bersama.

Manfaat Apel Merah Bagi Kesehatan


Kandungan Gizi Apel


Sebelum kita membahas manfaat apel, kita harus melihat dulu zat-zat gizi apa saja yang terkandung di dalamnya, berikut tabel kandungan gizi per 100 gram.
KOMPONEN ZAT GIZI
JUMLAH
Air
85,56 gram
Energi
52 kcal
Karbohidrat
13,81 gram
Protein
0,26 gram
Lemak
0,17 gram
Kolesterol
0 mg
Serat
2,4 gram
Asam Folat
3 µg
Niasin
0,091 mg
Asam Pantotenat
0,061 mg
Piridoksin
0,041 mg
Riboflavin
0,026 mg
Thiamin
0,017 mg
Vitamin A
54 IU
Vitamin C
4,6 mg
Vitamin E
0,18 mg
Vitamin K
2,2 µg
Natrium
1 mg
Kalium
107 mg
Kalsium
6 mg
Besi
0,12 mg
Magnesium
5 mg
Fosfor
11 mg
Zinc
0,04 mg
Betakaroten
27 µg
Crypto
11 µg
Lutein
29 µg
Itulah zat-zat gizi yang terkandung di dalam apel, selanjutnya kita akan membahas manfaat apel.

Manfaat Apel Sebagai Penurun Risiko Kanker


Berdasarkan penelitian di Polandia terhadap 592 pasien kanker kolorektal dan 765 pasien sehat yang diterbitakan dalam European Journal of Cancer Prevention menyebutkan bahwa dengan memakan satu buah apel setiap hari dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker kolorektal.

Menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat, jumlah kandungan flavonoid pada apel merupakan terbesar dibanding buah lain. Flavonoid sendiri bermanfaat untuk menurunkan 550% risiko serangan penyakit kanker paru-paru.

Berdasarkan studi preklinis yang dilakukan oleh Universitas Cornell, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa mengkonsumsi satu apel setiap harinya dapat menurunkan risiko kanker payudara sebanyak 17%. Selain itu quercetin yang merupakan salah satu Flavonoid yang terkandung dalam apel bermanfaat untuk mencegah kanker usus, kanker prostat, kanker pankreas, dan kanker hati.

Manfaat Apel Sebagai Pencegah Penyakit Degeneratif


Quercetin memiliki efek antioksidan yang jauh lebih besar dari pada Vitamin C, dengan perbandingan 4,7 (quercetin) :1 (vitamin c) sehingga dapat mencegah penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes.

Selain Quercetin dan Vitamin C, zat antioksidan lainnya adalah karoten. Karoten yang terkandung pada buah apel memiliki aktivitas sebagai Vitamin A dan Antioksidan dan berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif.


Manfaat Apel Sebagai Antikolesterol


Zat pektin yang terkandung di dalam apel berfungsi sebagai antikolesterol, karena dapat mengikat asam empedu yang merupakan hasil akhir metabolisme kolesterol. Studi yang dilakukan University of Illinois, pektin dapat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dan berdasarkan hasil penelitian American Journal of Clinical Nutrition (2005), menyebutkan bahwa kandungan serat dan pektin dalam apel berfungsi menurunkan risiko penyebab penyakit jantung, seperti peningkatan kolesterol, dan kelebihan berat badan.

Dalam studi yang dilaksanakan di Amerika Serikat menyimpulkan bahwa setiap konsumsi 10 gram serat per hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung 14% dan menurunkan risiko kematian yang disebabkan jantung koroner sebesar 30%. Studi  dari BMC Microbiology (2010) menyatakan bahwa kandungan pektin dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus.

Manfaat Apel Sebagai Pencegah Osteoporosis


Penelitian yang dilakukan oleh Apple Association (1992) di Amerika Serikat kandungan  pada apel yang disebut Boron  dapat membantu seorang wanita mempertahankan kadar estrogen saat menopause. Sedangkan estrogen berperan penting untuk menyuplai kalsium ke seluruh tubuh sehingga dapat mencegah osteoporosis. Jadi secara tidak langsung apel bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

Cara Tepat Mengkonsumsi Apel


Bagian dari Apel yang dapat dikonsumsi adalah daging dan kulit buahnya. Kulit apel memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Menurut penelitian para ahli dari Cornell University, Amerika Serikat, kadar quercetin di bagian kulit apel lebih tinggi dibandingkan di dagingnya. Namun, beberapa orang enggan mengkonsumsi kulitnya, dengan alasan banyak lapisan lilin.

Tip yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan lapisan lilin pada kulit apel adalah dengan mencucinya dengan air hangat dan gosok-gosok. Dengan menggunakan air hangat lapisan lilin pada apel akan mencair dan hilang.

Menu Olahan Sehat Apel “Jus Asoy”


Jus Asoy ini dapat meningkatkan mood. Jus ini baik diberikan pada penderita kanker, stroke, dan penyakit jantung koroner.

Bahan
1.    75 gram apel merah, potong-potong.
2.    50 gram sawo, potong kecil-kecil.
3.    50 gram stroberi, potong kecil-kecil.
4.    Setengah gelas es serut.

Cara Membuat
1.    Hancurkan apel merah dan es serut dengan blender hingga halus.
2.    Tuangkan ke dalam gelas saji, beri potongan sawo dan stroberi. Sajikan.


Itulah penjelasan tentang manfaat anggur yang terbukti ampuh serta resep olahan sehatnya. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini, saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Inilah Berbagai Manfaat Anggur yang Terbukti Ampuh.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.