Like In Facebook

Wednesday 28 September 2016

Inilah Manfaat Alpukat Si Penjaga Kesehatan

Alpukat merupakan buah khas yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko dengan nama latin Persea Americana. Tekstur kulit hijau tua hingga ungu kecokelatan dengan bentuk mirip labu siam. Daging buah manis dan berwarna hijau kekuningan. Selain nikmat, banyak juga manfaat alpukat yang terkandung di dalamnya, yang akan di bahas di artikel ini.

Gizi yang terdapat di dalam Alpukat sangat beragam, shingga manfaat alpukat pun beragam, berikut beberapa manfaat alpukat yang terbukti.


Kandungan Gizi Alpukat


Sebelum membahas manfaat alpukat, ada baiknya kita melihat dulu gizi apa saja yang terdapat di dalam alpukat. Berikut tabel kandungan gizi alpukat per 100 gram.

Komponen Zat Gizi
Jumlah
Air
83,3 gram
Energi
85 kcal
Protein
0,9 gram
Lemak
6,5 gram
Karbohidrat
7,7 gram
Serat
6,4 gram
Kalsium
10 mg
Fosfor
20 mg
Besi
0,9 mg
Natrium
2 mg
Kalium
278 mg
Karoten
180 µg
Thiamin
0,05 mg
Vitamin C
10 mg

Itulah tabel gizi yang terdapat di dalam alpukat. Selanjut nya kita akan membahas manfaat alpukat, yaitu sebagai berikut.

Manfaat Alpukat Sebagai Penurun Kolesterol


Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh yang memiliki dampak baik dalam tubuh. Lemak ini berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol dalam darah dan LDL (lemak jenuh) yang terdapat di dalam tubuh. Oleh karena itu mengkonsumsi alpukat dapat mencegah darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung lainnya.

Lemak baik (HDL) yang terkandung di dalam alpukat dapat mengurangi kadar LDL telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh peneliti bernama Grundy pada tahun 1987. Grundy membagi perlakuan menjadi tiga kelompok dengan terapi yang berbeda.

1.    Kelompok 1 = diet tinggi asam lemak tak jenuh tunggal.
2.    Kelompok 2 = diet tinggi asam lemak tak jenuh ganda.
3.    Kelompok 3 = diet rendah asam lemak dan tinggi karbohidrat kompleks.

Hasil penelitian Grundy ini menunjukkan ketiga metode tersebut dapat menurunkan kadar lemak jahat. Namun Grundy membuktikan bahwa metode yang pertama lebih baik dari yang kedua dan ketiga. Karena metode ke-2 dan ke-3 dapat mengakibatkan naiknya jumlah trigliserida yang berisiko menimbulkan penyakit jantung.

Manfaat Alpukat untuk Mencegah Stroke


Selain HDL alpukat juga memiliki kalium untuk mencegah stroke. Kalium memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan asam basa tubuh, penggunaan karbohidrat, dan sintesis protein. Hasil penelitian dari Journal of the American College of Cardiology menyatakan bahwa asupan kalium harian berjumlah 1.600 mg dapat menurunkan risiko stroke lebih dari 20%. Jumlah ini hanya setengah dari anjuran yaitu 3.500 mg.

Manfaat Alpukat Menyehatkan Mata


Alpukat mengandung lutein dan karotenoid (alpha-karoten dan beta-karoten). Lutein dan karotenoid merupakan salah satu antioksidan untuk menjaga kesehatan mata. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Clin Dermatol pada tahun 2009, menyebutkan bahwa lutein dan karotenoid berfungsi untuk mengatur panjang gelombang energi penglihatan dan berperan untuk mencegah serangan radikal bebas terhadap mata.

Manfaat Alpukat Sebagai Laksatif Alami


Di dalam 100 gram alpukat terdapat 6,4 gram serat. Kandungan serat di dalam alpukat dapat memberikan efek kesehatan seperti melancarkan buang air besar, mengatur kadar kolesterol dalam darah, dan mengatur kadar gula darah. Serat juga berfungsi sebagai pengikat asam empedu sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Manfaat Alpukat untuk Mencegah Bayi Lahir Cacat


Alpukat memiliki kandungan asam folat yang lumayan. Asam folat ini penting bagi ibu hamil karena bisa mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Kekurangan asam folat pada ibu hamil bisa mengakibatkan neural tube defects, yaitu berat bayi lahir rendah serta terjadinya gangguan pada otak bayi.

Cara Tepat Mengkonsumsi Alpukat


Alpukat sebaiknya dikonsumsi sesuai anjuran. Karena alpukat memiliki kandungan energi dan lemak yang cukup tinggi, sebaiknya anda membatasi konsumsi alpukat sebanyak 2 alpukat berukuran besar setiap harinya. Konsumsi buah tinggi energi dan lemak dapat meningkatkan risiko obesitas.

Jika anda ingin menyimpan alpukat dalam lemari pendingin, pastikan bahwa alpukat sudah matang. Alpukat buah yang memiliki waktu simpan yang pendek yaitu hanya 7 minggu dengan suhu ruangan. Sementara apabila disimpan dalam suhu 5˚C, daya simpan bisa hingga 30 hari. Namun permasalahannya, apabila disimpan lebih dari 10 hari alpukat akan mengalami kerusakan sehingga tidak baik untuk dikonsumsi.

Resep Olahan Sehat Alpukat (Puree Pisukat)


Bahan

1.    50 g pisang
2.    50 g alpukat
3.    50 ml air matang
4.    3 sdm susu bubuk dicampur dengan 90 ml air hangat.

Cara Membuat

1.    Blender pisang, alpukat, dan air matang hingga halus.
2.    Tuang ke dalam mangkuk.
3.    Tambahkan susu dan aduk rata. Sajikan.

Puree ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi dan stroke. Selain itu puree ini berguna sebagai penambah energi dan pelancar pencernaan.

Itulah penjelasan tentang manfaat alpukat yang terbukti ampuh serta resep olahan sehatnya. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini, saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Hebatnya Manfaat Apel Bagi Kesehatan.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.