Like In Facebook

Friday 9 September 2016

Inilah Berbagai Manfaat Anggur yang Terbukti Ampuh

Anggur, Manfaat Anggur, Manfaat Buah Anggur, Manfaat Anggur Merah.

Anggur merupakan buah yang rasanya asam manis dengan warna kulit ungu, kuning, dan hijau, serta berbentuk lonjong kecil. Memang, buah yang satu ini merupakan buah dengan harga yang relatif mahal, namun hal ini berbanding lurus dengan manfaat anggur yang banyak.

Anggur yang bahasa “keren”-nya Vitis vinifera L. memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yaitu berupa fenol. Di dalam 100 gram anggur, terdapat 14,98 gram senyawa fenol, lumayan banyak kan?. Senyawa fenol pada anggur ini sangatlah penting dalam proses kerja tubuh, mencegah kanker dan mengusir radikal bebas.

Kandungan Gizi Anggur


Kandungan zat gizi anggur per 100 gram
Komponen Zat Gizi
Jumlah
Air
80 gram
Energi
69 kcal
Protein
0,72 gram
Lemak
0,16 gram
Karbohidrat
18 gram
Serat
0,9 gram
Kalsium
10 mg
Fosfor
20mg
Besi
0,36 mg
Magnesium
7 mg
Mangan
0,071 mg
Natrium
2 µg
Kalium
191 mg
Seng
0,07 mg
Thiamin
0,069 mg
Riboflavin
0,07 mg
Niasin
0,188 mg
Asam Pantotenat
0,05 mg
Vitamin B6
0,086 mg
Folat
2 µg
Vitamin C
3,2 mg
Vitamin K
14,6 mg

Manfaat Anggur Sebagai Pencegah Penyakit Jantung


Senyawa polifenol yang terdapat pada anggur diketahui sebagai resveratrol dan antosianin. Resveratrol yang banyak terkandung di dalam kulit anggur memiliki manfaat sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah penyakit jantung, penyakit tulang, serta penyakit sendi. Fungsi lain dari resveratrol adalah dapat meminimalkan kemungkinan terjadinya peradangan pada pembuluh darah.

Manfaat Anggur Sebagai Peningkat Memori Otak


Seperti yang dituliskan diatas anggur memiliki Antosianin. Antosianin ini memiliki fungsi utama untuk meningkatkan memori otak. Dan fungsi lainnya adalah sebagai pencegah aterosklerosis, melindungi lambung, menghabat sel tumor, dll.

Manfaat Anggur Sebagai Pencegah Kanker


Manfaat anggur selanjutnya adalah sebagai pencegah kanker. Mengapa demikian? di dalam anggur terdapat senyawa bernama Quercetin yang merupakan salah satu senyawa aktif dalam anggur yang termasuk kedalam golongan flavonoid. Flavonoid-lah yang memberikan warna ungu pada buah ini. Quercetin memiliki fungsi sebagai pencegah kanker, menghambat oksidasi LDL, dan memiliki efek anti-mikroba. Beberapa keunggulan flavonoid adalah sebagak pembangun fungsi pembuluh darah, dan menghambat aterosklerosis (timbunan lemak pada pembuluh).

Selain Quercetin, senyawa yang terdapat pada anggur yang dapat mencegah kanker adalah Likopen. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Amerika Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa kadar likopen plasma pada pasien adenoma kolorektal (polip usus) ternyata sekitar 35% lebih rendah dibandingkan orang normal. Likopen dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan kanker, seperti kanker rahim, kanker usus besar, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker payudara.

Manfaat Anggur Sebagai Pencegah Penyakit Degeneratif


Di dalam anggur terdapat karotenoid yang diketahui dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit degeneratif seperti jantung, kanker, dan penyakit penuaan lainnya. Dalam studi yang diterbitkan di Clin Dermatol (2009) mengatakan bahwa lutein yang merupakan golongan karotenoid dapat mengatur gelombang energi penglihatan dan berfungsi sebagai antioksidan pencegah radikal bebas pada mata.

Manfaat Anggur Sebagai Pencegah Diabetes


Senyawa pada anggur yang dapat mencegah diabetes adalah saponin. Saponin telah terbukti ampuh menurunkan kadar gula darah dan menghambat penyerapan kolesterol. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa saponin sangat berperan penting dalam meminimalkan kemungkinan penyakit diabetes, dan jantung.

Cara Tepat Mengkonsumsi Anggur


Seluruh bagian dari buah anggur dapat dimakan. Anggur adalah buah yang termasuk kedalam buah yang tidak mengalami proses pematangan setelah dipetik atau bahasa keren nya non-klimaterik. Sehingga, sebelum dipetik anggur harus dipastikan telah matang sempurna. Simpan di lemari pendingin agar kesegaran anggur tetap terjaga.

Menu Olahan Sehat dari Anggur


Bahan Utama


1.    500 gram anggur hijau bersih
2.    200 gram anggur hijau, belah dua
3.    75 gram gula pasir
4.    Setengah bungkus agar-agar bubuk
5.    Air matang secukupnya

Bahan Saus


1.    200 ml susu skim cair
2.    200 ml yoghurt
3.    50 gram gula pasir
4.    3 sendok the maizena, larutkan dengan sedikit air
5.    1 butir kuning telur, aduk rata.

Cara Membuat


1.    Panaskan susu, gula, dan maizena hingga kental. Tambahkan kuning telur dan yoghurt, aduk rata.
2.    Hancurkan 500 gram anggur dengan blender, tambahkan gula pasir, dan saring.
3.    Tambahkan air matang. Rebus hingga mendidih.
4.    Susun potongan anggur pada gelas saji
5.    Tuangkan agar-mendidih ke gelas. Biarkan hingga suhunya sama dengan ruangan.
6.    Masukan kedalam lemari pendingin.
7.    Tuang adonan saus ke gelas saji, dan hidangkan.

Itulah penjelasan tentang manfaat anggur yang terbukti ampuh serta resep olahan sehatnya. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini, saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Inilah hebatnya Manfaat Wortel Untuk Kesehatan.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.