Like In Facebook

Sunday 27 December 2015

Mau Sehat? Coba Manfaat Pisang Berikut!

Manfaat Pisang - Gambar Pisang


     Pisang merupakan sejenis tumbuhan terna raksasa berdaun besar yang termasuk kedalam suku Musaceae. Sebagian besar pohon pisang menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi. Buah pisang tersusun dalam sebuah tandan dengan kelompok-kelompok tersusun seperti men-jari.
     Memasukan pisang ke dalam menu makanan sehari-hari, dapat menghasilkan dampak positif untuk kesehatan anda. Manfaat buah pisang ini beragam mulai dari penurunan berat badan, mengatur irama detak jantung, hingga menjaga kesehatan mata anda. Berikut penjelasan manfaat pisang bagi kesehatan anda.


Manfaat Pisang Dalam Menjaga Kesehatan Mata

     Manfaat buah pisang pertama adalah untuk menjaga kesehatan mata anda. Pisang memiliki kandungan vitamin A yang cukup, dan vitamin A ini dapat larut dalam lemak sehingga sangat penting untuk melindungi mata. Vitamin A ini dapat menjaga membran yang terdapat pada mata dan juga merupakan komponen dari salah satu protein yang menghantarkan cahaya ke kornea.  Mengkonsumsi buah pisang sehari-hari dapat mengurangi risiko kebutaan, penyakit mata lain seperti rabun jauh dan rabun dekat.


Manfaat Pisang Untuk Menjaga Kesehatan Otak

     Pada sebuah penelitian yang diikuti oleh sekitar 200 orang pelajar, menunjukkan bahwa konsentrasi belajar pelajar-pelajar tersebut meningkat  semenjak pisang menjadi menu makanan sarapan mereka.  Di kalangan negara-negara maju, pisang merupakan jenis buah yang mulai sering dikonsumsi saat sarapan dengan cara mencampurkan pisang dengan makanan sarapan lain. Itulah sebabnya anak-anak di negara maju cenderung pintar-pintar. Hal ini dikarenakan kandungan kalium pada pisang yang tinggi dapat mengakibatkan stimulan pada otak. Selain pada pelajar, manfaat buah pisang yang satu ini juga efektif pada bayi.


Manfaat Pisang Bagi Sistem Pencernaan

     Di dalam pisang terkandung serat yang sangat berguna untuk mengurangi risiko konstipasi atau sering disebut dengan sembelit, sehingga sistem pencernaan menjadi lancar. Selain melancarkan pencernaan, manfaat buah pisang bagi pencernaan yang lain adalah untuk mencegah kanker usus besar. Pisang dapat digunakan untuk mencegah inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat menggunakan vitamin C yang terdapat dalam pisang. Cukup dengan mengkonsumsi campuran susu bersama dengan pisang, anda dapat mencegah penyakit-penyakit sistem pencernaan.


Manfaat Pisang Sebagai Penjaga Kesehatan Jantung

     Manfaat buah pisang yang selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi pisang saat sarapan pagi setiap hari, dapat menambah nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan di dalam pisang terkandung mineral yang disebut dengan kalium dengan kadar yang tinggi (±450mg). Apabila kalium masuk ke dalam tubuh, maka kalium tersebut akan langsung masuk ke dalam aliran darah melalui dinding-dinding usus. Kalium mengalir ke sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.
     Proses tersebut terus berjalan di seluruh sistem tubuh, sehingga hasilnya jantung tetap berdetak, dan irama detak nya pun teratur dan normal. Apabila anda sangat kekurangan kalium, dapat menyebabkan irama detak jantung menjadi tidak teratur.


Manfaat Pisang Penghalus Kulit

     Bagi anda yang kulitnya kasar dan kering dan sangat menginginkan kulit yang halus dan lembap, manfaat buah pisang sangat cocok untuk anda. Di dalam buah pisang terkandung zat-zat yang dibutuhkan kulit untuk tetap halus dan lembap. Caran nya cukup dengan menghancurkan pisang dan campurkan bersama dua sendok madu. Setelah itu oleskan pada kulit anda secara merata dan tunggu sekitar satu jam. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil kulit halus yang maksimal. Selain menghaluskan kulit, cara tersebut juga dapat berguna untuk mencegah penyakit kulit seperti panu dan kurap.


Manfaat Pisang Pencegah Kecacatan Bayi

     Manfaat buah pisang juga dibutuhkan oleh Ibu yang sedang hamil karena sangat membutuhkan makanan yang baik untuk dirinya dan juga janin sang sedang dikandungnya. Di dalam pisang terdapat asam folat dan sekitar 80-100 kalori yang terkandung di dalamnya. Asam folat ini berguna untuk mencegah cacat pada anak, sedangkan kalori berguna untuk pembentukan sel-sel baru. Pisang juga dapat menjaga kadar gula di dalam darah tetap stabil pada ibu hamil. Agar lebih efektif, konsumsi lah pisang bersamaan dengan kacang-kacangan seperti kacang hijau ataupun kacang merah.


Manfaat Pisang Penghilang Jerawat

     Manfaat buah pisang yang terakhir adalah untuk menghilangkan jerawat. Selain menghaluskan kulit, pisang juga sangat bermanfaat untuk anda yang sangat kesal karena jerawat pada wajah anda yang memalukan. Cara menghilangkan jerawat menggunakan buah pisang sama dengan cara menghaluskan kulit, yaitu dengan menghancurkan buah pisang dan campurkan dengan dua sendok madu. Setelah itu oleskan pada wajah dan tunggu sekitar 1 jam, kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari hingga jerawat anda hilang.

     Itulah penjelasan tentang manfaat buah pisang bagi kesehatan. Jika dikonsumsi dengan cara yang benar Insha Allah penyakit-penyakit yang bisa menyerang anda dapat dicegah. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Manfaat Kunyit yang Sangat Berguna Bagi Kesehatan.

     Jangan lupa share dan komentar di bawah ya…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.