Like In Facebook

Friday 25 December 2015

Manfaat Kunyit yang Berguna Untuk Kesehatan

Manfaat Kunyit dan Manfaat Kunyit Putih


     Kunyit atau kunir yang dikenal dengan nama latin Curcuma longa Linn merupakan tanaman yang termasuk ke dalam salah satu tumbuhan rempah-rempah dan obat asli dari daerah Asia Tenggara. Penggunaan tumbuhan ini sebagai obat telah dilakukan sejak zaman dulu, nenek moyang percaya bahwa manfaat kunyit dapat menyembuhkan mereka dari beragam jenis penyakit.
     Penasaran apa saja khasiat kunyit yang katanya mujarab itu? Berikut Pustaka Sehat jelaskan tentang 7 khasiat kunyit yang berguna untuk kesehatan.


Manfaat Kunyit Putih Untuk Melancarkan Pencernaan

     Kunyit memiliki versi yang putihnya juga. Salah satu manfaat kunyit putih adalah untuk melancarkan pencernaan. Cara melancarkan pencernaan menggunakan kunyit putih adalah dengan menyiapkan 1 rimpang kunyit putih berukuran besar yang telah di cuci hingga bersih. Buang bagian kulitnya dengan cara di kupas lalu kunyah hingga halus dan telan.
     Selain melancarkan pencernaan manfaat kunyit putih dengan cara dikonsumsi juga dapat berguna untuk menebalkan dinding lambung, sehingga anda akan terhindar dari penyakit pencernaan lainnya seperti misalnya maag, dll.


Manfaat Kunyit Untuk Mencegah Radang Sendi

     Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan kurkumin yang terdapat di dalam kunyit ternyata dapat memberikan efek antioksidan yang cukup kuat. Kurkumi dapat menetralkan bahan kimia dan radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh manusia yang bisa menyebabkan berbagai kerusakan pada sel-sel tubuh. Hal ini sangatlah penting untuk berbagai penyakit, salah satunya adalah radang sendi (arthritis). Hal ini dikarenakan penyebab utama radang sendi adalah radikal bebas.
     Penelitian lainnya juga membuktikan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kunyit memiliki risiko akan terkena radang sendi di bandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kunyit. Selain itu untuk penderita radang sendi mengaku bahwa sendinya yang meradang merasa lega ketika mulai mengkonsumsi kunyit.


Manfaat Kunyit Sebagai Pencegah Kanker

          Efek antioksidan kurkumin seperti yang telah dijelaskan diatas memungkinkan untuk melindungi sel-sel pada usus besar dari radikal bebas yang bisa merusak DNA pada sel. Hal ini sangatlah bermanfaat bagi usus besar karena sel-sel pada usus besar melakukan pergantian dalam waktu yang cukup cepat yaitu ± sekali dalam tiga hari. Karena pergantian sel sering terjadi, maka mutasi DNA pada sel-sel usus juga dapat menyebabkan pembentukan sel-sel abnormal jauh lebih cepat. Sel-sel abnormal tersebut dapat menjadi sel kanker dengan waktu yang sangat cepat.
     Namun, menurut sebuah penelitian kurkumin ternyata juga bisa membantu tubuh untuk melawan sel-sel kanker. Selain kanker usus besar, kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat membantu mencegah kanker lain, seperti Kanker hati, kanker prostat dan juga kanker darah.


Manfaat Kunyit Menurunkan Risiko Leukimia

     Leukemia merupakan sebuah kanker yang menyerang sel-sel darah. Penelitian yang di kemukakan pada sebuah konferensi mengenai leukemia yang diadakan di kota London, Inggris, menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung bumbu berupa kunyit dapat mengurangi risiko terkena leukemia. Penelitian tersebut dilakukan oleh Prof. Moolky Nagabhushan yang berasal dari Loyola University Medical Centre di Chicago. Moolky telah sekitar 20 tahun melakukan penelitian tersebut mengatakan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat menghambat mutasi hidrokarbon aromatik polisiklik yang dihasilkan oleh pembakaran karbon, mencegah kerusakan kromosom dan juga menghambat pertumbuhan sel leukemia.


Manfaat Kunyit Putih Menyembuhkan Masuk Angin

     Selain melancarkan pencernaan, kunyit putih juga dapat menghilangkan masuk angin. Belum banyak yang tahu manfaat kunyit putih yang satu ini. Padahal cara yang satu ini telah digunakan sejak lama sekali oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Cara menghilangkan masuk angin menggunakan kunyit putih adalah dengan menyiapkan kunyit putih sekitar 200 gram yang telah dicuci bersih. Buang bagian kulitnya dengan cara dikupas. Lalu parut dan peras kunyit, dan ambil airnya. Rebus air perasan tersebut dengan secangkir air putih hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan biarkan hingga menjadi hangat, campurkan dengan sesendok madu lalu minum.


Manfaat Kunyit Mencegah Alzheimer

     Alzheimer merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis (kematian sel terprogram) sel-sel otak pada waktu yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengerut atau mengecil. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kurkumin yang terdapat di dalam kunyit bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer dengan cara menghidupkan gen yang mengatur produksi protein antioksidan. Sebuah penelitian yang dikemukakan dalam Journal Biokimia Italia pada Desember 2003 menyebutkan bahwa kurkumin bila dipicu di dalam jaringan otak akan menghasilkan produksi bilirubin antioksidan yang kuat, itulah sebabnya kunyit dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer.


Manfaat Kunyit Meningkatkan Fungsi Hati

     Manfaat kunyit yang terakhir adalah untuk meningkatkan fungsi hati. Sebuah penelitian yang dilakukan dengan objek percobaan tikus yang bertujuan untuk mempelajari efek kunyit pada kemampuan hati sebagai detoksifikasi xenobiotik bahan kimia beracun. Hasilnya tikus yang diberi makan kunyit kadar glucuronyl transferase dan gluthione-S-transferase (enzim detoksifikasi pada hati) nya meningkat secara pesat dibandingkan dengan tikus yang tidak mengkonsumsi kunyit. Hal ini membuktikan bahwa kunyit selain bermanfaat untuk antioksidan juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi detoksifikasi hati.

     Itulah penjelasan tentang manfaat kunyit yang berguna untuk kesehatan. Jika anda ingin merasakan manfaatnya silahkan mulai memasukkan kunyit ke dalam bumbu dapur yang wajib ada di meja makan anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : 7 Manfaat Daun Sirih yang Terbukti Ampuh
     Jangan lupa share dan komentar dibawah ya…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.