Like In Facebook

Monday 26 October 2015

Begini Trik Untuk Melatih Anak Menulis

Trik/Cara Untuk Melatih Anak Menulis

     Menulis bisa juga bermanfaat untuk perkembangan anak-anak. Agar anak bisa  tertarik untuk menulis, ada beberapa trik yang bisa dilakukan orang tua. Pada artikel kali ini akan dibahas cara untuk melatih anak menulis seperti sebagai berikut.

     Pertama, tunjukkan anak sebuah gambar. Ketika mereka melihat gambar tersebut, coba minta mereka untuk menceritakan isi gambar tersebut, misalnya tokoh pada gambar itu sedang apa, sedang dengan siapa, atau gambar tersebut menceritakan tentang apa gambar tersebut, demikian dikatakan psikolog anak dan remaja Anna Surti Ariani M.Psi
     Anak jangan langsung disuruh menulis. Karena kalau dia tidak ada ide tentu saja dia tidak bisa menulis. Sehingga, pertama tama munculkan ide anak dengan menyuruhnya melihat gambar. Lalu, ucapkan pertanyaan sehingga idenya muncul.
     Kemudian, biarkan anak menulis sebisa mereka, tetapi jangan dikritik. Dianjurkan, kritik bisa dilakukan oleh sesama teman nya, atau anak di beri tahu apa yang kurang tepat dengan perlahan dan tanpa memarahi
     Sebelum merangsang anak agar tertarik menulis, ada baiknya telusuri dulu kemampuan anak dalam hal DUBT yakni Dengar, Ucap, Baca, dan Tulis. Anak sudah bisa mendengar dengan benar apa belum? Kalau belum berarti dia belum siap diajak mengucap. Kalau dia bisa dengar, ucap dan baca sudah lancar baru bisa diajak untuk menulis.
     Mengajak anak menulis bisa dengan menuliskan apa yang anak ceritakan. Walaupun apa yang anak ceritakan berupa khayalan belaka, tuliskan saja dan tunjukkan pada anak bahwa apa yang dia katakan tadi bisa diwujudkan dalam bentuk tulisan. Dengan begitu, orang tua bisa merangsang anak bahwa apa yang dipikirkan anak bisa diabadikan dalam bentuk tulisan.
     Nah, berusaha mendongengkan tulisan anak pun bermanfaat karena mereka bisa belajar public speaking dan mengatakan kosakata dengan jelas. Ada anak yang bicaranya belum jelas saat dia bercerita, terlihat bagaimana dia mengasah public speaking nya, bagaimana cara dia membuka mulutnya, serta yang mana kalimat yang harus diungkapkan dengan intonasi tertentu.
     Namun, ketika anak terlihat tidak tertarik untuk menulis, coba alihkan ke bidang lainnya misalnya dengan menari, olahraga dan lain-lain. Lalu, kembali lagi ke menulis. Biasanya, anak akan lebih sukses menulis jika orang tua atau guru konsisten mengajak anak menulis. Tetapi jika anak enggan menulis jangan dipaksakan karena dapat membuat anak merasa tertekan dan psikologinya terganggu.

     Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga : Manfaat Buncis Untuk Penjaga Kadar Gula Darah Dan Asupan Kalori.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.