Like In Facebook

Saturday 3 October 2015

Waspada dan Kenali Gejala Kista Ovarium!

Gejala kista, Penyebab kista, Kista adalah

     Kista adalah tumor berbentuk kantong yang berisi cairan. Jika kista terjadi di ovarium, disebut kista ovarium. Bentuk kista itu ibarat balon yang diisi dengan air dan tidak hanya terjadi di ovarium. Pada ovarium, kista bisa terbentuk di dalam atau di permukaan ovarium.

     Setiap wanita memiliki dua indung telur atau ovarium dengan ukuran sebesar almond terletak di sisi kanan dan kiri rahim. Ovarium bertugas membentuk dan mematangkan sel telur untuk selanjutnya dilepas ke saluran tuba saat siklus menstruasi.

   Lepasnya sel telur ke saluran tuba dan siklus menstruasi terus berlangsung selama wanita berada dalam usia subur. Selama hidup, kista ovarium terbentuk pada kebanyakan wanita, tetapi kista tersebut kecil dan tidak menimbulkan keluhan. Kista yang kecil bisa hilang sendiri tanpa obat.

   Kista ovarium akan menimbulkan ketidak nyamanan saat kista tidak bisa mengecil namun bisa terus membesar. Jika kista yang membesar menekan kandung kemih, penderita akan sering kencing karena kapasitas kandung kemih mengecil.

Waspada dan Kenali Gejala Kista Ovarium!


1.    Siklus ovulasi atau haid tidak teratur.
2.    Nyeri panggul terutama saat haid dan saat berhubungan intim.
3.    Nyeri saat perut ditekan, terasa mual dan sering muntah.
4.    Nyeri pada payudara seperti saat hamil dan perut terasa penuh.
5.    Gejala kista sangat tergantung besarnya kista dan jenis kista-nya.

Kista Fungsional


     Kista fungsional adalah kista yang terbentuk saat fungsi normal atau proses normal dari siklus haid. Kista ini terbentuk sebagai sisa-sisa kantong atau folikel tempat sel telur dibesarkan yang lambat mengecil. Umumnya, kista fungsional tidak berbahaya, tidak menimbulkan keluhan, serta menghilang dalam dua sampai tiga siklus haid.

Kista Non-fungsional


     Kista lain atau kista non-fungsional adalah kista yang terbentuk dan tidak ada hubungannya dengan siklus haid. Kista non-fungsional inilah yang kadang sulit mengecil dan memerlukan tindakan khusus untuk mengobatinya. Jenis kista non-fungsional, antara lain kista dermoid, kista adenoma, dan kista endometriosis. Kista dermoid dan kista adenoma bisa tumbuh sangat besar dan be-risiko terpelintir (torsio ovarium) sehingga menimbulkan rasa yang sangat nyeri.

     Itulah penjelasan tentang gejala dan jenis kista ovarium. Terima kasih telah membaca artikel ini baca juga : Perhatikandan "Curiga" Gejala Autisme.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.