Like In Facebook

Friday 30 October 2015

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan
Daun Pandan


     Kita sekarang berpikir bahwa daun pandan hanya digunakan untuk pewangi makanan saja. Namun, sudah sejak lama daun pandan wangi dijadikan sebagai bahan herbal untuk mengobati berbagai penyakit karena memiliki efek menyehatkan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat daun pandan dan resep nya.


Mengobati Rematik

     Rematik adalah penyakit yang umum diderita oleh orang tua. Nah, orang-orang zaman dulu jika terserang rematik menggunakan daun pandan wangi untuk mengatasinya.
     Caranya mudah, ambil 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Seduh dengan setengah cangkir minyak kelapa yang sudah dipanaskan sambil diaduk-aduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk mengurut daerah yang sakit.

Mengobati Pegal Linu

     Orang yang pekerja keras biasanya sering mengalami badan pegal linu. Namun, jika di dekat rumah Anda terdapat tanaman pandan wangi, bisa digunakan untuk mengobati pegal linu.
    Caranya juga mudah, sediakan 5 lembar daun pandan segar dan 20 lembar daun serai. Cuci bersih kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura kemudian aduk hingga rata. Gunakan ramuan tradisional ini untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

Mengobati Lemah Saraf

     Cara membuat ramuan nya mudah , tinggal ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih kemudian dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah dingin, minum ramuan tersebut 2 kali sehari tiap pagi dan sore, masing-masing satu gelas setiap kali minum.

Mengatasi Gelisah

     Seringkali seseorang terkena masalah emosional sehingga merasa gelisah, biasanya terjadi saat malam hari. Jika Anda mengalami hal ini, ambil 2 lembar daun pandan wangi lalu cuci bersih dan iris tipis. Seduh dengan segelas air mendidih. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus. Lakukan 2 atau tiga kali sehari sampai merasa tenang.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

     Untuk Anda yang menderita hipertensi atau sering disebut dengan tekanan darah tinggi, daun pandan wangi bisa digunakan untuk mengatasinya. Caranya, ambil beberapa lembar daun pandan wangi kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga tersisa 2 gelas. Saring airnya, lalu minum ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan sore.

Menambah Nafsu Makan

     Ambil 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa ½ nya. Saring airnya dan minum ramuan ini 2 kali sehari.

Mengatasi Lemah Syahwat

     Selain digunakan sebagai obat lemah saraf, pandan wangi juga berkhasiat untuk mengobati lemah syahwat bagi pria. Ambil 3 lembar daun pandan wangi, cuci bersih dan potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum ramuan ini dua kali sehari, tiap pagi dan sore masing-masing 1 gelas setiap kali minum. Lakukan secara teratur.

     Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga : Obat Tradisional Ampuh Untuk Radang Usus Buntu.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.