Like In Facebook

Friday 23 October 2015

Cara Cepat Mengatasi Sembelit Dengan Alami

Cara Cepat Mengatasi Sembelit Dengan Cepat dan Alami
Orang Sembelit

     Apa itu sembelit? Sembelit atau lebih mudahnya orang sering bilang susah BAB (Buang Air Besar) memang mengesalkan dan cara mengatasi sembelit harus segera dilakukan. 
     Sembelit ini bisa disebabkan karena usus kita mengandung lebih sedikit air dari biasanya.  Namun, ada juga yang disebabkan karena obat-obatan tertentu, sembelit sendiri adalah keadaan dimana kita jarang buang air besar karena tinja yang keras dan kering sehingga susah keluar serta menimbulkan rasa sakit saat ingin dikeluarkan.

     Dalam bahasa kedokteran, sembelit ini disebut juga konstipasi. Orang dewasa bisa disebut mengalami sembelit jika tidak BAB selama 3 hari berturut-turut atau kurang dari 3 kali dalam waktu seminggu. Bagi anak-anak dikatakan mengalami sembelit jika mereka tidak BAB selama 5 hari atau lebih.

Penyebab Sembelit


     Berikut adalah penyebab penyebab sembelit pada umumnya.
» Kurang minum.
» Asupan makanan yang kurang serat.
» Pergerakan tinja pada usus yang berlangsung lambat.
» Penyakit atau kelainan lain seperti kanker usus besar, penyempitan usus besar, dan lain lain.
» Penyakit yang mempengaruhi hormon.
» Masalah pada saraf di sekitar rektum atau usus besar.


Gejala Sembelit

     Gejala Sembelit biasanya adalah perut terasa sebah, sakit, kembung, merasa ada sesuatu yang mengganjal, sakit saat BAB, dan berdarah saat BAB.  Jika sembelit ini berlangsung lama bisa menyebabkan wasir atau sering juga disebut ambeien. Selain itu, sembelit juga bisa menyebabkan fecal impaction, anus robek, rektum prolaps, dan fecal impaction.

Berbagai Cara Mengatasi Sembelit yang Bisa Dicoba.

     Berikut ini cara mengatasi sembelit dengan cepat yang bisa mulai anda lakukan.

Banyak minum Air Putih
     Untuk mengatasi sembelit paling tidak anda harus minum 2 sampai 4 gelas air putih hangat tambahan selama beberapa hari. Minumlah 300 sampai 600 ml air putih langsung setelah bangun di pagi hari jika mengalami sembelit beberapa hari.


Perbanyak Mengonsumsi Makanan Berserat
     Sudah jelas sayur dan buah-buahan adalah makanan yang kaya akan serat dan baik dalam melancarkan BAB. Jadi, usahakan paling tidak mengonsumsi 24 sampai 38 gram serat tiap hari. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, produk susu, dan gula halus karena justru akan memperparah sembelit.


Olahraga
     Jangan malas untuk bergerak apalagi duduk terus menerus, berolahraga dapat membantu pergerakan usus yang sehat. Berolahragalah minimal 30 menit dari olahraga ringan atau berat.


Makan atau Minum Prune
     Jus prune bisa diminum dan jus ini kaya akan serat serta sorbitol yang dapat membantu mengatasi sembelit.


Berjongkok Untuk Memperlancar BAB
     Jongkoklah dengan posisi alami, angkat lutut ketika duduk di toilet dan topang kaki di bangku tanjakan anak-anak.



Cara Mengatasi Sembelit Dengan Obat Tradisional


Temulawak
     Giling rimpang temulawak bersama biji sesawi secukupnya yang sudah dicuci bersih. Tambahkan sedikit air, lalu peras dan airnya bisa diminum.
     Cara lain, iris-iris temulawak dan tambahkan gula jawa serta asam jawa. Tuangkan air mendidih dan saring airnya. Minum selagi hangat.


Ketepeng Cina
Ambil7 lembar daun ketepeng Cina yang masih mudah dan segar. Rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Angkat, saring, dan minum ramuan tersebut.


Lidah buaya
     Ambil setengah batang lidah buaya, cuci bersih, kupas kulitnya, dam ambil dagingnya.
Cincang dagingnya dan seduh dengan setengah cangkir air panas. Bisa ditambahkan dengan 1 sendok makan madu. Makanlah daging tersebut saat masih hangat dua kali sehari.

     Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga : Inilah Penyebab Penyebab Kelainan Pada Kulit Kepala.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.