Like In Facebook

Tuesday 6 October 2015

Penjelasan Lengkap Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Anemia

Penjelasan Lengkap Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Anemia

     Anemia atau kurang darah adalah saat tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Sel darah merah memiliki tugas mulia yakni mengedarkan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Penyebab Anemia


     Kekurangan zat besi adalah penyebab anemia yang paling umum alias paling sering. Saat kekurangan zat besi, tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin yang cukup. Hemoglobin adalah zat yang mengikat oksigen dalam sel darah merah.

     Zat besi dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin, zat yang memberi warna merah pada sel darah merah dan mengikat oksigen. Kekurangan zat besi karena kurang asupan dari makanan atau kehilangan zat besi tubuh yang berlebihan.

     Untuk dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, bayi dan anak anak juga butuh asupan zat besi dari makanan. Zat besi diserap tubuh dari makanan di usus halus. Gangguan penyerapan zat besi juga dapat menyebabkan anemia.

Anemia Kekurangan Zat Besi


     Terjadi karena adanya pendarahan hebat, misalnya haid berlebihan pada wanita. Selain karena pendarahan hebat, anemia kekurangan zat besi juga bisa terjadi pada pendarahan kecil yang berlangsung lama.

     Pendarahan kecil kronis yang dapat menyebabkan anemia antara lain pendarahan pada usus/lambung baik karena maag, kanker atau lainnya. Anemia bisa terjadi bila kita tidak mendapatkan zat besi yang cukup dari makanan. Makanan yang kaya dengan zat besi antara lain daging, telur, sayuran hijau, dan makanan lain yang diperkaya zat besi.

Orang yang Rentan Terkena Anemia


1.    Wanita yang masih menstruasi.
2.    Ibu hamil.
3.    Anak-anak atau bayi terutama yang lahir prematur atau berat badan lahir rendah.
4.    Anak-anak yang jarang mengkonsumsi makanan yang sehat dan bervariasi.
5.    Vegetarian.
6.    Pendonor darah.

Waspada Gejala Anemia


     Umumnya gejala anemia ringan tidak disadari atau bisa terabaikan. Namun semakin banyak tubuh kekurangan zat besi, anemia akan makin parah dan gejalanya pun makin dirasakan. Gejala anemia antara lain pucat, lesu, lemah, kelelahan, napas pendek, pusing, kaki tangan dingin, gelisah dan lain-lain.

Bahaya Anemia


     Dalam derajat ringan, anemia tidak menimbulkan komplikasi berarti, tetapi jika naik ke derajat berat dapat menyebabkan masalah pada jantung. Saat anemia, jantung memompa darah lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan oksigen tubuh, akibatnya jantung membesar. Bila tidak segera diatasi, jantung yang membesar dan bekerja ekstra saat anemia akan kepayahan dan lama-lama akan gagal jantung.

     Pada ibu hamil, anemia dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan janin, kelahiran prematur, serta berat badan lahir rendah. Anemia pada ibu hamil dapat dicegah dengan mengkonsumsi suplemen zat besi yang diberikan saat kontrol kehamilan.

     Pada ibu hamil, anemia dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan (pendek) dan perkembangan (bodoh). Kekurangan zat besi juga membuat anak-anak mudah terkena infeksi.

Pengobatan Anemia


     Anemia kekurangan zat besi ditandai dengan ukuran sel darah merah yang lebih kecil dengan warna yang lebih pucat. Cara pengecekan anemia yang kerap dilakukan adalah dengan melihat kadar Hb (hemoglobin) yang lebih rendah dari normal. Sambil mencari penyebabnya, dokter akan memberikan suplemen zat besi untuk mengatasi kekurangan zat besi.

     Jika memungkinkan, minumlah tablet zat besi saat perut kosong atau berbarengan dengan vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi. Mengatasi anemia dengan tablet zat besi tidak sekejap mata, harus menunggu beberapa minggu/bulan.

     Jika setelah minum tablet zat besi kondisi tubuh terasa membaik, silahkan kontrol  ke dokter untuk dicek kembali kondisi darahnya. Jika anemia yang terjadi sangat berat, pilihannya adalah transfusi darah.

Pencegahan Anemia



     Rajin mengkonsumsi makanan yang kaya dengan zat besi seperti sayuran hijau, telur, unggas, ikan dan lain-lain. Zat besi dari daging lebih mudah diserap tubuh, tetapi jika takut efek negatif dari daging, cari sumber zat besi dari sayuran.

     Itulah penjelasan lengkap penyebab, gejala serta pengobatan Anemia. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Penjelasan Lengkap Penyebab, Gejala serta Pengobatan Endometriosis.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.