Like In Facebook

Tuesday 23 February 2016

Cara Merangsang Kecerdasan Anak Saat Dalam Kandungan





     Memiliki anak yang pintar adalah dambaan semua orang tua dan merupakan hak anak yang wajib orang tua penuhi. Tetapi tahukah anda bahwa orang tua dapat mendidik anak agar kecerdasannya dapat dirangsang sejak masih dalam kandungan?. Ya, bahkan sejak masih janin, orang tau sudah bisa melihat perkembangan kecerdasan anaknya. Tetapi, berbicara tentang kecerdasan, tentu saja tidak bisa lepas dari masalah kualitas otak, sedangkan kualitas otak itu sendiri dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Untuk bisa seperti itu, orang tua harus memperhatikan beberapa aspek, salah satunya adalah stimulasi.

Jangan Berpikir Anak Hanya Bisa Dididik Saat Lahir



     Kecerdasan spiritual sebenarnya sudah ada sebelum manusia dilahirkan, tetapi diperlukan adanya stimulus-stimulus yang berfungsi untuk menjaga dan mengembangkan kecerdasan tersebut. Stimulasi tersebut tentunya harus dilakukan oleh orang tua khususnya ibu sebagai orang yang paling dekat dan berinteraksi paling sering dengan sang janin. Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa mendidik anak baru akan dimulai sejak anak lahir. Tetapi ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa mendidik anak sudah bisa dilakukan sejak janin dalam kandungan saat kandungan berusia 6 bulan. Sebab pada usia tersebut, jaringan struktur otak pada janin sudah mulai berfungsi secara baik.

Waktu dan Cara yang Tepat Menstimulasi Janin


     Oleh karena itu, orang tua harus mulai memberikan stimulasi positif ketika janin berusia 6 bulan, khususnya ibu. Sebab secara emosional, kontak antara ibu dan janin yang kandungannya lebih erat. Dalam melakukan stimulasi ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan suara, mengelus atau bernyanyi dengan riang. Cara ini diyakini akan merangsang janin untuk ikut merasa senang. Kondisinya akan jauh berbeda jika orang tua melakukan hal-hal yang tidak di sukainya, karena itu sama saja memberikan rangsangan negatif kepada janinnya.

Stimulasilah Anak Secara Rutin dan Teratur


     Selain itu, penting pula untuk diperhatikan bahwa stimulasi sebaiknya dilakukan secara teratur untuk memudahkan janin belajar. Namun demikian, stimulasi yang diberikan juga tidak perlu berlebihan agar janin tetap memiliki waktu untuk beristirahat. Cukup luangkan waktu setidaknya 5-10 menit setiap pagi dan malam untuk berkomunikasi riang dengan janin.




     Itulah penjelasan tentang cara merangsang kecerdasan anak saat masih di dalam kandungan. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Inilah Manfaat Ampuh Teh Hijau.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.