Like In Facebook

Thursday 17 December 2015

Penyebab dan Gejala Usus Buntu yang Tidak Anda Sadari!

Penyebab dan Gejala Usus Buntu


     
Usus buntu (appendix) merupakan organ yang berbentuk tabung tipis dan kecil berukuran 5-10 cm dan terhubung dengan usus besar. Hingga saat ini belum ada penjelasan yang pasti mengapa kita memiliki usus buntu. Namun apabila terjadi pembengkakan atau peradangan, penyakit usus buntu atau apendisitis dapat menyebabkan komplikasi yang serius.
     Maka dari itu kita harus mencegah usus buntu dengan cara mengenali menghindari hal yang menjadi penyebab usus buntu dan mengenali gejala usus buntu. Berikut PustakaSehat jelaskan beberapa gejala usus buntu dan penyebab usus buntu yang harus dihindari.

Gejala Usus Buntu

     Ciri-ciri usus buntu yang paling umum terjadi biasanya adalah sakit perut yang timbul pada perut bagian tengah. Pada hari pertama gejala usus buntu berupa sakit perut muncul, rasa sakit datang dan pergi sesuka hatimu . Kemudian sekitar pada hari 3-5 rasa sakit yang disebabkan oleh sakit perut bertambah parah dan terus terasa serta rasa sakitnya menyebar ke bagian perut kanan bawah (tempat terdapatnya usus buntu.
     Rasa sakit juga akan bertambah sakit saat terjadi penekanan pada bagian usus buntu (perut kanan bawah) dan juga akan bertambah sakit jika anda berjalan atau batuk. Selain sakit pada perut, gejala usus buntu lain yang biasanya menyertai sakit perut ini adalah sebagai berikut:


1.    Muncul bengkak pada perut kanan bawah.
2.    Mual-mual dan juga muntah.
3.    Demam tinggi.
4.    Keram pada perut.
5.    Menurunnya nafsu makan.
6.    Kesulitan buang gas (kentut).
7.    Diare atau konstipasi.
8.    Rasa sakit saat buang air kecil.

     Gejala usus buntu sering disangka penyakit lain karena gejala usus buntu sama seperti penyakit lain seperti keracunan makanan, konstipasi biasa, infeksi pada saluran kemih dan juga sindrom iritasi usus yang parah. Pada wanita juga sering menganggap gejala usus buntu ini adalah hanya nyeri menstruasi dan kehamilan ektopik (menempelnya zigot pada organ  selain rahim).
     Sebaiknya konsultasi lah kepada dokter jika anda mengalami sakit perut yang awalnya biasa dan lama kelamaan menjadi parah. Segera panggil ambulans apabila sakit perut tiba-tiba menyebar ke seluruh perut dan juga bertambah parah. Hal ini dapat mengindikasikan kemungkinan usus buntu pecah, yang dapat menyebabkan peritonitis (infeksi pada lapisan perut sebelah dalam.

Penyebab Usus Buntu

     Penyebab usus buntu hingga kini belum diketahui dengan pasti, sehingga cukup rumit untuk mengetahui cara mencegahnya, Tetapi sebagian besar peneliti memperkirakan penyebab usus buntu adalah karena tersumbatnya jalan masuk usus buntu yang disebabkan oleh sebagai berikut.

1.    Tinja (Feses).
2.    Membengkaknya kelenjar getah bening yang timbul akibat terjadinya infeksi pada saluran napas atas. Penyumbatan ini dapat mengakibatkan terjadinya inflamasi dan pembengkakan pada usus buntu. Tekanan karena pembengkakan ini dapat menyebabkan pecahnya usus buntu.

Obat Usus Buntu

     Obat usus buntu yang paling ampuh yaitu lewat operasi usus buntu  atau yang dalam istilah kedokteran disebut dengan apendektomi. Melakukan operasi usus buntu dalam waktu yang dini  jauh lebih aman daripada menunggu hasil konfirmasi adanya peradangan usus buntu, karena akan menambah risiko pecahnya usus buntu. Operasi usus buntu tidak akan menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang karena usus buntu tidak memiliki fungsi yang penting bagi tubuh manusia.
     Sama seperti semua operasi lainnya, apendektomi juga memiliki risiko seperti terbentuknya infeksi luka operasi serta pendarahan. Namun operasi ini memiliki kemungkinan keberhasilan yang tinggi dan sangat jarang menyebabkan komplikasi jangka panjang.


     Itulah penjelasan Pustaka Sehat tentang penyebab dan gejala usus buntu. Ada baiknya anda mengenali penyebab dan gejala usus buntu agar anda dapat terhindar dari penyakit ini. Jangan lupa share dan komentar dibawah. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Hilangkan Sakit Kepala Anda Dalam Waktu Singkat Dengan Bahan Alami Berikut!.

1 comment:

  1. Ternyata setelah saya membaca semua artikel ini, banyak juga dari Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu tidak Cuma dengan serupa, bahkan lebih dari satu Penyakit Usus Buntu ini, memang web ini menyuguhkan artikel yang sangat bagus dan baik, enak dibaca dan juga dipahami, salam sehat buat pemegang web ini, dan tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk saling mengetahui : Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu

    Salam sehat, dan panjang umur. amin

    ReplyDelete

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.