Like In Facebook

Friday 4 March 2016

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan serta Solusi Jitunya

Inilah penyebab rambut rontok berlebihan serta cara mengatasi rambut rontok secara alami.

     Rambut rontok tidak hanya membuat kesal kaum wanita, tetapi juga pria karena rambut merupakan “mahkota” bagi manusia. Jika anda mengalami rambut rontok berlebihan, anda harus tahu penyebab rambut rontok berlebihan itu terlebih dahulu, baru melakukan beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami. Berikut penjelasan lengkap penyebab dan cara mengatasi rambut rontok secara alami.

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan dan Solusi Jitunya


Stres


     Jangan meremehkan stres, karena stres ternyata dapat menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan stres dapat meningkatkan hormon kortisol yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Tetapi, tingkat hormon kortisol yang berlebihan juga bisa menyebabkan sistem tubuh menjadi lemah dan ini mengakibatkan rambut rontok serta kuku yang rapuh.

     Pada beberapa kasus stres tingkat dewa, terdapat beberapa orang yang hingga menderita gangguan kompulsif trichotillomania, yaitu kebiasaan menarik-narik rambutnya sendiri. Kebiasaan ini tentu akan memperparah kerontokan rambut.

     Cara mengatasi rambut rontok dikarenakan stres adalah dengan melatih dan mengelola emosi dengan beberapa latihan yang menenangkan seperti meditasi, stress management therapy dan lain-lain. Selain mengelola emosi, coba juga servis pijat kepala di salon.


Diet yang Salah


     Diet yang salah juga bisa merusak kesehatan, termasuk membuat rambut rontok. Ini diakibatkan karena folikel (akar rambut) membutuhkan suplai darah yang sehat dan penuh gizi. Ketika tubuh tidak mendapat cukup gizi, maka tubuh akan menyuplai cadangan gizi di dalam tubuh ke organ utama seperti jantung, paru-paru, hati dll, serta mengurangi suplai ke organ yang tidak terlalu penting seperti rambut. Tidak heran, rambut pun berguguran karena tidak ada gizi untuk menghidupkan.

     Cara mengatasi rambut rontok dikarenakan diet adalah dengan melakukan diet secara bertahap, di bawah bimbingan ahli gizi. Usur yang sangat penting bagi rambut yang sehat adalah vitamin B, Vitamin C dan juga beta karoten. Menurut penelitian Helsinki Research Centre di Finlandia, suplemen yang paling baik untuk rambut adalah silica dan juga biotine.


Hormon


     Pada pria hormon utama yang mempengaruhi pertumbuhan rambut adalah hormon androgen. Jika hormon androgen ini memiliki jumlah yang normal, akan berakibat baik pada rambut, tetapi jika hormon ini berjumlah melebihi batas normal dapat meningkatkan kecenderungan rontoknya rambut.

     Cara mengatasi rambut rontok karena hormon adalah melakukan pemeriksaan ke dokter ahli kulit atau rambut (trichologist). Jika perlu anda dapat mendatangi dokter penyakit dalam lalu menjalani terapi sulih hormon. Selain itu juga dapat menggunakan hormon estrogen atau anti-androgen yang dioleskan ke rambut.

Penyambungan Rambut


     Traction alopecia merupakan jenis kerontokan rambut yang diakibatkan oleh penyambungan rambut. Ini adalah jenis kebotakan yang disebabkan karena akar tertarik oleh berat dari rambut tambahan yang disambung tersebut. Cara mengatasinya adalah dengan berkonsultasi ke dokter ahli kulit sebelum melakukan sambung rambut.

     Itulah penjelasan tentang penyebab rambut rontok berlebihan dan solusinya. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini, saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Inilah Gejala Demam Berdarah yang Harus Anda Waspadai.


Jangan lupa share dan komentar dibawah ya…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.