Like In Facebook

Tuesday 8 March 2016

Inilah 5 Manfaat Ampuh Daun Katuk

Berikut 5 manfaat ampuh daun katuk untuk kesehatan anda.

     Daun katuk terkenal pada kalangan ibu-ibu yang sedang dalam masa menyusui karena salah satu manfaat daun katuk adalah untuk melancarkan ASI. Sama dengan sayuran yang lain, daun katuk mengandung zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kelebihan  daun katuk dibandingkan dengan sayur lainnya adalah kandungan betakaroten-nya yang paling tinggi diantara sayuran lainnya.

     Bukan hanya itu, selain betakaroten daun katuk pun mengandung alpha-tocopherol yang tertinggi diantara tanaman-tanaman lainnya. Berikut tabel kandungan gizi daun katuk per 100 gram.

Gizi
Jumlah
KH
11 g
Protein
4,8 g
Lemak
1 g
Kalsium
204 g
Fosfor
83 mg
Besi
2,7 mg
Vitamin A
10.371 SI
Vitamin B1
0,1 mg
Vitamin C
239 mg
Air
81 g
Energi
59 kcal

     Sesuai dengan judul yaitu 5 manfaat ampuh daun katuk, jadi langsung saja. Berikut 5 manfaat daun katuk.

Pelancar ASI


     Daun katuk terkenal dengan manfaatnya untuk membantu melancarkan ASI ibu menyusui. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa aktif yaitu laktagum yang terkandung di dalamnya. Selain laktagum terdapat juga polifenol dan steroid yang memiliki efek untuk meningkatkan kadar prolaktin. Semakin tinggi kadar prolaktin, maka produksi ASI semakin lancar, cepat dan juga semakin meningkat.

Pencegah Osteomalasia


     Osteomalasia merupakan kelainan yang menyebabkan berkurangnya massa tulang. Hal ini dapat dicegah dengan mencukupi asupan isoflavonoid. Selain itu, daun katuk juga mengandung saponin, senyawa yang telah diteliti oleh peneliti memiliki manfaat sebagai anti mikroba, peningkat sistem imun serta anti kanker. Bukan hanya itu, penelitian juga menyebutkan bahwa isoflavonoid dan saponin memiliki efek yang sama dengan allinase yang terdapat pada bawang. Senyawa tersebut dapat membantu mengubah komponen perkusor menjadi sulfur yang bermanfaat mempercepat pertumbuhan tulang.


Menetralkan Racun


     Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Leenawaty  dari ITB menyebutkan bahwa daun katuk yang kaya akan klorofil, yaitu 7-8% berat daun katuk memiliki manfaat sebagai penetral racun. Bagi tumbuhan daun katuk bermanfaat untuk proses fotosintesis, namun bagi manusia klorofil memiliki manfaat yang lebih beragam dan kompleks seperti menetralkan racun, membuang zat kimia, membunuh bakteri, virus dan juga parasit serta membantu sistem ekskresi.

Meningkatkan Vitalitas


     Manfaat daun katuk yang lainnya datang dari kandungan fitokimia-nya yang bermanfaat sebagai obat, mirip dengan progesteron, testosteron, estradiol serta glukokortikoid. Bukan hanya zat tersebut, terdapat juga senyawa aktif yang bernama eikosanoid, leukotrien, lipoksin dan juga prostasiklin yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan vitalitas seksual dan juga mutu serta jumlah sperma.


Membantu Sistem Imun Selalu Siaga


     Sama dengan sayuran dan buah-buahan yang lainnya, daun katuk tentu saja mengandung vitamin terutama A dan juga C. Kandungan vitamin C pada daun katuk tergolong tinggi, bahkan jumlahnya mengalahkan jumlah vitamin C pada jambu biji. Salah satu manfaat dari Vitamin C dan Vitamin A ini adalah sebagai antioksidan, yang baik untuk membantu sistem imun selalu siaga melawan penyakit.


Dampak Negatif Daun Katuk


     Dari banyaknya manfaat baik yang dimiliki daun katuk, ternyata juga terdapat efek negatif pada daun katuk. Seperti yang telah dijelaskan pada bagian "Meningkatkan Vitalitas" bahwa daun katuk mengandung glukokortikoid. Ternyata, senyawa aktif ini dapat mengurangi penyerapan kalsium dan fosfor yang berasal dari daun katuk maupun dari makanan atau minuman lain. Salah satu cara meminimalisir dampak negatif tersebut, adalah hanya rebus daun katuk sebelum mengkonsumsinya.

     Itulah penjelasan 5 manfaat ampuh daun katuk. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Inilah Manfaat Ampuh Dibalik Pahitnya Pare.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.