Like In Facebook

Tuesday 5 January 2016

Inilah Manfaat Penting Mengajak Anak Berekreasi

Inilah Manfaat Penting Mengajak Anak Berekreasi


     Liburan atau rekreasi biasanya merupakan hal yang paling dinanti-nantikan oleh anak-anak. Misalnya, setelah setiap hari kegiatan mereka diisi oleh aktivitas yang padat di sekolah, tentu saja liburan dapat menjadi salah satu ajang “pelepas lelah” dan mendapatkan suasana baru, sehingga hari-hari mereka selanjutnya dapat dilalui dengan lebih bersemangat. Sebagai orang tua tentu juga harus memilih tempat-tempat wisata, sehingga anak-anak tidak hanya bersenang-senang namun juga bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan.

     Rekreasi merupakan kebutuhan mutlak manusia dan merupakan hak anak yang harus dipenuhi. Dengan rekreasi berarti melakukan suatu perbuatan atau kegiatan yang menyenangkan hati yang dapat membangun minat serta dapat menciptakan kembali kesegaran pikiran dan perasaan. Rekreasi merpakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan non-formal bagi anak-anak. Karena itu, rekreasi dalam pendidikan merupakan penunjang proses pendidikan, yaitu menambah atau memperkaya pengetahuan dan wawasan bagi anak-anak. Dengan mengikuti kegiatan rekreasi, anak-anak akan memperoleh tambahan pengetahuan dan wawasan yang tidak diperoleh dari kegiatan mereka sehari-hari di sekolah maupun di rumahnya. Dengan kegiatan tersebut anak-anak akan memperoleh pengetahuan dan pengalaman terbaru yang beraneka ragam  yang di dapat dari acara tersebut.

     Namun sering kali, karena terbatasnya waktu atau orang tua yang terlalu sibuk bekerja, anak tidak dapat menikmati waktu liburan yang cukup selain hanya bermain di rumah. Bahkan, banyak orang tua yang kurang menyadari akan pentingnya berekreasi. Ada juga yang terlalu khawatir apabila liburan dapat menyebabkan anak malas belajar dan lupa akan pelajaran di sekolahnya. Tentu saja pendapat seperti itu salah. Orang dewasa saja butuh liburan saat mereka merasa jenuh dengan pekerjaannya, apalagi anak-anak. Selain itu ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika anak berekreasi, berikut penjelasannya.

Melepas Penat dan Rasa Bosan


     Bukan hanya orang dewasa yang dapat mengalami stres dengan aktivitas sehari-harinya. Anak-anak juga tentunya memiliki banyak alasan untuk dapat stres, salah satunya karena rutinitas sekolah yang mereka jalani. Belum lagi apabila mereka juga harus melewati masa ujian untuk bisa lulus dengan hasil yang memuaskan. Karena berbagai kegiatan yang padat itulah membuat anak lelah dan juga bosan. Nah, liburan berfungsi sebagai momen penyegaran kembali baik bagi badan maupun jiwa mereka. Liburan merupakan saat di mana anak beristirahat dan kembali mengisi semangat baru lagi. Mereka belajar sudah belajar dengan keras sehingga membutuhkan liburan.

Memberikan Pengalaman Baru


     Liburan akan memberikan anak sebuah pengalaman baru yang tentunya akan berbeda dari pengalaman sebelumnya. Anak-anak pada dasarnya sama dengan orang dewasa yang memiliki rutinitas harian yang bisa membuat mereka jenuh. Mereka bersekolah, bermain bersama teman, dan aktivitas lainnya yang diberikan orang tua. Oleh karena itu, apabila anak-anak diajak untuk berekreasi, maka mereka tentunya akan mendapatkan pengalaman baru yang menyegarkan dan membuat mereka senang. Berlibur akan memberikan pengalaman yang menarik untuk dirasakan dan juga memori untuk dikenang.


Mengajarkan Hal-Hal yang Baru


     Kegiatan berlibur bukan hanya memberikan hiburan dan melepas stres atau pengalaman yang baru untuk anak. Hal lain yang juga bisa menjadi manfaat liburan untuk anak-anak adalah hal-hal baru yang bisa mereka pelajari. Jadi selain berfungsi hiburan, liburan juga bisa sekaligus mengajarkan sesuatu untuk anak. Orang tua bisa mengajaknya ke tempat dan mengajarkan mereka tentang banyak hal baru. Misalnya, ketika anak-anak belum pernah mengunjungi kebun binatang dan orang tua mengajaknya ke sana, pastinya orang tua telah memperkenalkan begitu banyak hewan yang baru saja dikenal anak.

     Bukan hanya itu, orang tua juga dapat mengajarkan anak-anak bagaimana caranya berkemas atau mengajarkan mereka harus mencintai lingkungan lain yang baru mereka kunjungi dengan hal yang simpel dan mudah dimengerti.

Mendekatkan Hubungan Anak Dengan Orang Tua


     Saat berlibur merupakan waktu yang paling cocok untuk orang tua dan keluarga saling mengakrabkan diri. Apabila anda termasuk ke dalam kategori orang tua yang sibuk, ada baiknya untuk meluangkan waktu sehari-hari anda untuk anak-anak. Idealnya, para orang tua sudah mengambil cuti jauh-jauh hari untuk berlibur bersama keluarga. Berlibur inilah waktu yang pas untuk anda berkomunikasi lebih erat terkait apa saja dan juga bercanda ria dengan begitu leluasa.

Mengasah Rasa Percaya Diri Anak


     Dengan rekreasi, wawasan anak akan bertambah dan bertemu dengan banyak orang dan juga bisa melatih keberanian mereka dengan banyak orang dan juga dapat melatih keberanian mereka untuk berkomunikasi dengan orang baru. Mereka juga dapat belajar dan mengetahui perbedaan cara berkomunikasi setiap orang dan banyaknya ragam bahasa. Selain itu, banyak hal lain yang dapat melatih anak agar lebih percaya diri, misalnya dengan menaiki perahu, gajah, berenang, melawan ombak kecil dan lain-lain.

     Itulah penjelasan tentang manfaat penting mengajak anak berekreasi. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : 7 Obat Bisul Ter-Ampuh


Jangan lupa share dan komentar dibawah ya…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.