Like In Facebook

Thursday 17 September 2015

7 Kebiasaan di Kantor yang Mengancam Kesehatan

     Aktivitas di kantor bisa jadi tempat yang sangat tidak sehat bagi sebagian orang. Salah satunya adalah akibat perilaku harian yang sepintas wajar-wajar saja. Padahal karena dilakukan berulang kali efeknya sangat fatal terhadap tubuh.
     Sayangnya hal ini terjadi justru karena tanpa disadari oleh orang orang yang bersangkutan. Namun kabar baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk mengembalikan dan mengubah kebiasaan buruk jadi lebih baik. Bahkan mungkin usaha ini tak perlu waktu selama 21 hari seperti anjuran para ahli perilaku. Intinya, pertama menyadari apa yang salah dengan perilaku Anda sehari hari, kemudian berusaha mengubahnya.
     Berikut beberapa kesalahan yang bisa membahayakan kesehatan anda dan bagaimana mengatasinya.

Melupakan Sarapan

     Meski banyak hasil penelitian bisa diperdebatkan, sebagian besar peneliti sepakat bahwa sarapan adalah waktu makan yang penting sepanjang hari.
     Sarapan bisa membantu kerja metabolisme anda dan meningkatkan energi, sehingga anda tak merasa lemas seharian. Bahkan jika terpepet sekalipun makan sebuah donat yang biasanya dianggap makanan yang kurang sehat, menurut para ahli lebih baik dari pada tidak sama sekali.


Bertopang Pada Dagu atau Mengucek Mata
Bahaya Bertopang Pada Dagu atau Mengucek Mata


     Ya, bertopang dagu atau meletakan wajah ke tangan memang posisi paling nyaman, sehingga anda pun tidak sadar kala melakukannya. Karena menyentuh wajah dengan terus menerus adalah musuh besar bagi keselatan kulit.
     “Menyentuh kulit muka, membuat kulit bermasalah, karena cara ini sama saja menyebarkan bakteri dan kuman disuluruh bagian tubuh” kata ahli kulit dematologi dari Heal Your Skin, Dr. Awa Shamban.
     Untuk menghilangkan debu atau kotoran apapun yang masuk ke mata orang seringkali mengambil langkah mudah dengan mengucek ucek mata. Padahal kontak dengan mata adalah cara paling mudah untuk menyebarkan kuman. Bukan hanya itu, cara ini juga bisa melukai kulit halus disekitar mata.
     “ Mengucek mata bisa menyebabkan luka jaringan berukuran mikroskopik sehingga mata terlihat lebih tua, memecahkan kapiler darah di kelopak mata, sehingga muncul sulur sulur halus yang disebut telangi ectasia atau kapiler yang pecah dibawah mata. Lingkaran hitam dibawah matapun jadi semakin tampak jelas” kata Dr. Shamban.

Makan Siang di Meja Kerja
Bahaya Makan Siang di Meja Kerja

     Makan siang di meja kerja sama sekali bukan kebiasaan sehat. Karena otak juga butuh waktu untuk beristirahat. Tanpa istirahat, produktivitas dan energi orang akan menurun drastis. Selain itu, penelitian membuktikan kerja dengan multitasking tak akan mampu menyelesaikan sebanyak bekerja tanpa multitasking.

Duduk Membungkuk Terlalu Lama
Bahaya Duduk Membungkuk Terlalu Lama

     Postur yang buruk dipastikan akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Duduk dengan membungkuk secara terus menerus bisa memunculkan hal negatif. Selain itu ada hubungannya antar teknologi seperti gadget di bagian atas tubuh anda dan rasa nyeri di tubuh bagian atas dan menyebabkan nyeri leher dan punggung.
     Banyak ahli yang mengatakan bahwa duduk setidaknya selama 8 jam seperti saat bekerja di kantor adalah kebiasaan buruk lain seperti halnya merokok. Gaya hidup tak aktif ini bisa meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung dan mungkin juga menyebabkan sakit punggung.
     Jadi ini adalah titik yang baik untuk mulai bergerak, diawali dengan berdiri dari kursi tiap kali ada kesempatan. Anda juga bisa mencoba gerakan gerakan yoga untuk mengenyahkan efek buruk dari terlalu lama bekerja dalam posisi duduk.

Tak Pernah Mengambil Izin Karena Sakit
Bahaya Tak Pernah Mengambil Izin Karena Sakit

     Ada orang yang demikian inginnya disebut sebagai pekerja keras, hingga dalam kondisi sakitpun memaksakan diri untuk masuk kantor. Padahal sakit influenza yang sering dianggap keluhan ringan sekalipun, bisa mengorbankan fisik dan mental.
     Karenanya jika anda tak member izin tubuh untuk beristirahat dengan benar, anda mungkin tak akan bisa sembuh dengan benar pula. Anda bahkan akan mengancam teman teman kerja dengan risiko penularan penyakit yang anda alami.

Menyilangkan Kaki
Bahaya Menyilangkan Kaki

     Anda boleh saja beralasan bahwa dengan duduk menyilangkan kaki bisa terlihat lebih anggun. Atau anda juga boleh mengatakan duduk seperti ini Anda bisa menghemat tempat. Tapi tahukah anda bahwa duduk dengan kaki terlipat bisa menyebabkan nyeri punggung dan leher bahkan juga meningkatkan darah?.
     Posisi duduk yang lebih ideal adalah membiarkan kaki dalam posisi rata dengan lutut dan pergelangan kaki membentuk 90 derajat sebisa mungkin.

Tak Mematikan Semua Gadget Sampai Rumah

Bahaya Tak Mematikan Semua Gadget Sampai Rumah

     Tanpa sadar mengecek email, mengobrol dengan teman teman via group ponsel, atau bahkan hanya tanpa sadar melakukan scrolling saat makan malam sampai tertidur mungkin terlihat tidak penting.
     Namun ternyata bisa mengakibatkan kelelahan mental. Disiplinkan diri anda untuk tidak menyentuh gadget saat sampai di rumah sepulang waktu kerja, percayalah anda akan menyukuri hal itu nantinya.

     Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca Juga : Cacar Air Pada Anak Anak dan Orang Dewasa.


Jangan lupa share dan komentar dibawah ya...

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.