Like In Facebook

Saturday 26 September 2015

10 Tips Agar Hamil Sehat

     Hamil adalah hal yang paling di dambakan oleh semua orang tua. Namun banyak orang tua yang tidak sadar akan kondisi kesehatan kehamilannya. Berikut adalah 10 tips Agar Hamil Sehat.

Mengontrol Kehamilan

Tips agar hamil sehat dengan mengontrol kehamilan secara rutin.


     Kontrol kehamilan secara rutin adalah hal pokok yang harus dilakukan agar ibu hamil dan janin dalam kandungan tetap sehat. Kontrol kehamilan penting  untuk menyiapkan langkah-langkah yang harus dilakukan selama hamil dan deteksi masalah pada ibu dan janin.

Mengkonsumsi Asam Folat

Tips agar hamil sehat dengan mengkonsumsi asam folat.


     Ibu hamil dianjurkan mengonsumsi 400mcg asam folat setiap hari untuk mencegah cacat bawaan pada janin.  Gangguan pada selubung saraf adalah cacat bawaan pada janin yang dapat terjadi jika ibu kekurangan asam folat saat hamil.

     Asam folat bisa didapat dari suplemen vitamin ibu hamil atau dari makanan yang telah diperkaya asam folat. Asam folat memang terdapat pada sayuran hijau dan buah buahan, tetapi penyerapan tidak sebaik asam folat yang ada pada suplemen.

Jangan Mengonsumsi Minuman Beralkohol


     Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi minuman beralkohol. Jika masih minum alkohol, anaknya akan berisiko akan mengalami fetal alcohol spectrum disorders (FASDs). Fetal alcohol spectrum disorders meliputi gangguan intelektual, gangguan perilaku, gangguan bentuk wajah, dan lain-lain.
Jangan Merokok

     Jangan merokok karena bayi anda berisiko mengalami sudden infant death syndrome (SIDS). sudden infant death syndrome adalah kematian mendadak pada bayi di bawah satu tahun yang tidak diketahui sebabnya. Jauhilah asap rokok saat hamil.


Jangan Minum Sembarang Obat


     Jangan minum obat sembarangan termasuk suplemen herbal. Pastikan obat tersebut aman bagi ibu hamil dan atas indikasi medis. Ada obat yang aman untuk ibu hamil tetapi banyak juga yang tidak aman. Tanyakan ke tempat layanan kesehatan saat anda kontrol hamil.

Hindari Bahaya Radiasi


     Radiasi pestisida, logam berat dan zat kimia tertentu harus dihindari agar janin atau bayi yang lahir tidak cacat. Ibu hamil yang bekerja di pabrik yang berhubungan dengan zat kimia atau radiasi harus berhati hati dan memakai perlindungan ekstra.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Tips agar hamil sehat dengan mengkonsumsi makanan sehat.


     Ibu hamil wajib mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang. Saat hamil, konsumsi-lah buah dan sayuran yang bervariasi, biji bijian dan susu yang rendah lemak. Hindari konsumsi daging atau ikan yang mentah atau tidak dimasak dengan baik dan batasi-lah konsumsi kafein.


Berolahraga


     Jika sebelum hamil senang berolahraga, lanjutkan-lah aktivitas itu saat hamil karena sangat bagus dan bermanfaat. Olahraga saat hamil bermanfaat untuk tidur yang nyenyak, nyaman dan persiapan fisik saat persalinan. Olahraga saat hamil juga bermanfaat untuk mempercepat kembalinya ukuran tubuh ke posisi normal pasca persalinan. Sebelum memulai olahraga, bicarakan dulu dengan dokter atau bidan tentang olahraga yang tepat bagi kehamilan anda.


Mengonsumsi Suplemen Zat Besi


     Ibu hamil rentan mengalami anemia akibat kekurangan zat besi dan ini tidak baik untuk janin. Anemia saat hamil akan mengganggu asupan oksigen dan nutrisi ke janin yang sedang tumbuh. Minum suplemen zat besi saat hamil penting dilakukan untuk mencegah terjadinya anemia pada masa kehamilan


Mengontrol Kesehatan Gigi dan Gusi


     Jangan lupa untuk mengontrol kondisi gigi dan gusi ke dokter.

     Itulah penjelasan 10 Tips agar hamil sehat. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.