Like In Facebook

Sunday 3 January 2016

Mengapa Muncul Keputihan Berwarna Coklat? Berikut Penyebabnya

Keputihan, Keputihan Berwarna Coklat, Vagina


     Keputihan merupakan suatu hal yang wajar dialami oleh wanita dengan usia muda hingga tua. Tetapi berbeda apabila keputihan yang terjadi muncul bersama dengan warna tertentu. Keputihan berwarna coklat, dengan cokelat tua ataupun cokelat muda, dapat menjadi sebuah gejala  ketidakberesan pada tubuh.
     Keputihan memiliki suatu peran yang cukup penting untuk sistem reproduksi wanita, yaitu sebagai proses pembuangan cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar yang terdapat di dalam serviks dan vagina. Cairan ini mengandung sel mati dan juga bakteri yang dapat mencegah infeksi dan menjaga vagina tetap dalam keadaan bersih
     Keputihan berwarna coklat pada umumnya muncul pada saat-saat akhir periode menstruasi atau dapat juga muncul pada masa kehamilan. Apabila tidak hanya keputihan berwarna coklat tetapi juga disertai dengan gatal-gatal, bau aneh serta gejala lainnya yang tidak normal, maka besar kemungkinan itu adalah gejala-gejala  adanya gangguan pada kesehatan. Berikut penjelasan tentang mengapa bisa muncul keputihan berwarna coklat.

Penyebab Keputihan Berwarna Coklat

     Keputihan dapat diakibatkan oleh gejala awal pada kehamilan, ovulasi (menstruasi), mendekati menopause serta telah memasuki menopause. Keputihan yang muncul bisa berwarna cokelat muda hingga cokelat gelap. Keputihan berwarna coklat pekat biasanya mengindikasikan bahwa terjadi pendarahan pada endometrium atau sering di sebut dengan dinding rahim bagian dalam, yang pada biasanya terjadi sebelum menstruasi atau mendekati waktu siklus menstruasi berhenti.
     Keputihan berwarna coklat bukan hanya disebabkan oleh hal-hal normal tersebut, namun juga dapat disebabkan  oleh hal-hal serius seperti sebagai berikut.

Atrofi Vaginitis

Atrofi vaginitis merupakan suatu kondisi yang terjadi dikarenakan kekurangan hormon estrogen yang dapat menyebabkan peradangan. Pada atrofi vaginitis, vagina penderita akan mengalami peradangan karena jaringan otot rusak dan produksi cairan lubrikasi  yang menurun. Apabila anda menderita atrofi vaginitis anda dapat merasakan sakit pada saat melakukan hubungan intim, vagina kering, serta mengeluarkan keputihan berwarna coklat. Bukan hanya berwarna coklat, keputihan yang timbul juga bisa berwarna kuning dan berbau aneh.


Polip Rahim

Polip rahim juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan berwarna coklat. Bukan hanya keputihan, gejala-gejala lain seperti pendarahan setelah melakukan intim atau darah menstruasi yang keluar cukup banyak juga dapat muncul apabila anda mengalami polip rahim.

Pendarahan Akibat Implantasi Janin

penyebab keputihan berwarna coklat selanjutnya adalah akibat proses penanaman telur yang telah dibuahi pada dinding rahim. Keputihan ini dapat berwarna coklat, merah muda hingga merah tua. Hal ini juga bisa menjadi tanda-tanda awal kehamilan.

Inflamasi Pinggul

Penyakit inflamasi pinggul dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian perut bawah, masalah infertilitas serta rasa sakit saat melakukan hubungan intim. Bagian tuba falopi, rahim serta serviks akan mengalami infeksi. Inflamasi pinggul juga dapat menyebabkan munculnya keputihan berwarna coklat. Anda perlu memeriksakan diri anda ke dokter kandungan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kanker Serviks

Keputihan berwarna coklat tua juga bisa menjadi gejala adanya penyakit kanker serviks. Perhatikan gejala-gejala lainnya, seperti misalnya nafsu makan menurun, berat badan turun dengan drastis, sakit pada bagian pinggul dan tungkai serta kelelahan yang sangat.

     Perhatikanlah tanda-tanda lain yang juga mungkin dirasakan apabila anda mengalami keputihan berwarna coklat terus menerus. Periksakan diri anda ke dokter apabila vagina anda membengkak dan terasa sakit.
     Itulah penjelasan tentang penyebab keputihan berwarna coklat. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Cegah Kanker Dengan Makanan Pedas.



Jangan lupa share dan komentar dibawah ya…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.