Like In Facebook

Friday 1 January 2016

Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala!

Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala!


     Tidur merupakan kebutuhan biologis manusia yang tidak dapat dihindari. Penelitian terbaru menemukan bahwa tubuh memerlukan suasana gelap untuk menghasilkan zat kimia yang berfungsi untuk melawan kanker yang disebut dengan melatonin. Bahkan jika kita menyalakan lampu toilet, begadang, melihat lampu jalanan saat malam hari dapat menghentikan produksi zat melatonin.
     Tubuh memerlukan zat kimia ini untuk mencegah kerusakan pada DNA dan kekurangan zat melatonin  tersebut akan menghentikan asam lemak menjadi tumor dan mencegah pertumbuhannya.
     Prof. Russle Reiter dari Texas University yang memimpin penelitian tersebut mengatakan bahwa “Sekali anda tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak anda akan segera mendeteksi bahwa lampu menyala seharian dan produksi zat melatonin akan menurun”.
     Jumlah anak-anak penderita leukemia bertambah banyak menjadi dua kali lipat dalam kurun waktu 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun telah di diagnose menderita leukemia, dan setiap tahunnya sekitar 100 orang anak meninggal.
     Sebuah konferensi tentang anak penderita leukemia yang diadakan di kota London, Inggris menyatakan orang yang menderita kanker, kebanyakan diakibatkan karena terlalu lama memakai lampu saat sedang tidur di malam hari.
     Hal ini dapat menekan produksi melatonin dimana normalnya terjadi antara jam 8 malam hingga jam 10 pagi. Penelitian lain menyebutkan bahwa orang-orang yang paling mudah terserang kanker adalah para pekerja shift malam yang memiliki risiko terkena kanker payudara.
     Pada kenyataannya, orang-orang buta tidak rentan terhadap penekanan melatonin, sehingga memiliki risiko yang lebih kecil untuk terserang kanker. Dengan ini, orang tua disarankan untuk menggunakan bola lampu yang suram berwarna merah atau ungu jika anak-anaknya takut gelap.

     Itulah penjelasan tentang bahaya tidur dengan lampu menyala. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Cegah Stres Dengan Minum Air Putih



Jangan lupa share dan komentar dibawah ya…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.