Like In Facebook

Friday 1 January 2016

Cegah Stres Dengan Minum Air Putih

Cara Mencegah dan menghilangkan Stres

     Tahukah anda? Kalau air dan stres sangatlah berhubungan. Seluruh bagian tubuh manusia selalu membutuhkan air dalam segala aktivitasnya. Apabila organ-organ tubuh kekurangan kandungan air, fungsinya akan menurun. Selain lebih mudah terkena bakteri dan virus, kita juga akan rentan terkena stres.

     Berbagai literatur menunjukkan, kekurangan cairan tubuh setengah liter saja dari kebutuhan air setiap hari (sekitar 2 liter) dapat meningkatkan kadar kortisol, yang merupakan salah satu hormon yang memicu stres, Fungsi kortisol adalah melepas glukosa ke dalam peredaran darah sebagai energi. Hormon kortisol serta hormon-hormon stres lainnya dapat mengganggu beberapa fungsi tubuh. Apabila hanya terjadi sekali-kali, mungkin tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika anda sering dehidrasi, tentu saja fungsi imunitas tubuh bisa terkena akibatnya.

     Tetapi, bukan artinya hanya minum air ber gelas-gelas akan secara ajaib menghilangkan berbagai tekanan hidup, mulai dari soal uang hingga hubungan dengan pasangan. Namun, jika selama ini stres sudah menjadi “konsumsi” sehari-hari, paling tidak anda tidak akan mendapat tambahan stres akibat faktor dehidrasi.

     Disadari ataupun tidak, kita menjadi mudah dehidrasi saat sedang berada di bawah tekanan atau stres. Ini terjadi dikarenakan detak jantung yang semakin cepat dan napas menjadi berat sehingga anda kehilangan cairan lebih banyak. Ditambah lagi, saat tubuh dan pikiran sedang menghadapi sesuatu yang menimbulkan stres, biasanya kita tidak akan ingat untuk minum cukup air. Padahal, air sangat membantu konsentrasi kita.

     Stres dapat menyebabkan gejala-gejala yang sama saat kita dehidrasi, yakni detak jantung meningkat, mual lelah dan sakit kepala. Jika dehidrasi semakin tinggi,  hal itu dapat memicu penurunan kesadaran sampai kerusakan otak karena otak merupakan organ yang paling membutuhkan air dan sensitif terhadap kekurangan air.

     Air memiliki peranan yang sangat penting dalam tubuh, yaitu sebagai pelarut, katalisator, pelumas, pengatur suhu tubuh, serta penyuplai mineral serta elektrolit bagi tubuh. Rasa haus merupakan tanda bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi ringan. Dengan minum secara teratur, dehidrasi dapat dicegah sehingga kondisi kesehatan tubuh akan lebih baik. Dengan demikian, akan dicapai kemampuan fisik serta mental yang lebih baik.

     Itulah penjelasan tentang mencegah stres dengan minum air putih. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Perlukah Mencukur Bulu Kemaluan? Berikut Penjelasannya.

Jangan lupa share dan komentar dibawah…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.