Like In Facebook

Friday 1 January 2016

Inilah Fakta Unik Tentang Menguap!

Fakta Unik Tentang Menguap


     Siapa diantara kalian yang tidak pernah ,mengalami yang namanya menguap sekalipun dalam seumur hidup? Jika anda menjawab tidak pernah pasti anda berbohong. Siapa yang sering menguap saat rapat atau belajar di kelas? Jika anda menjawab tidak pernah, anda pasti berbohong lagi. Ternyata terdapat beberapa fakta unik yang harus anda tahu tentang menguap,  berikut penjelasannya.

Menguap Dapat Menular

     Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Steven Platek Ph.D bersama timnya yang berasal dari Universitas Drexel di Philadelpia, mengungkapkan bahwa ketularan menguap ternyata cara primitif yang ditunjukkan oleh orang lain untuk mengekspresikan rasa empatinya. Dan menguap bukan hanya dipicu karena melihat orang lain menguap, namun juga karena mendengar, membaca  serta berfikir tentang menguap. Dan mungkin anda sekarang sedang menguap ketika membaca tulisan ini.

Menguap Berfungsi Untuk Menjaga Suhu Otak

     Ketika kita menguap, tidak selalu artinya kalau kita mengantuk, bosan atau kekurangan oksigen. Menguap bisa jadi karena otak kita sedang berusaha memaksimalkan konsentrasi. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Gordon Gallup , pada penelitiannya menunjukkan bahwa menguap merupakan salah satu cara tubuh untuk menjaga suhu otak. Seperti mesin yang dipakai terus menerus dengan kapasitas besar yang memerlukan pendingin supaya tidak rusak, begitu juga dengan otak.
     Penelitian lainnya yang membahas tentang menjaga suhu otak dengan menguap juga dilakukan oleh Universitas Albany. Beberapa mahasiswa di bagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama diminta mengompres kepalanya menggunakan kompres dingin dan kelompok kedua diminta mengompres kepalanya menggunakan kompres hangat. Hasilnya, kelompok pertama tidak menguap sama sekali sedangkan kelompok kedua menguap dengan puasnya.

Sering Menguap Pertanda Suatu Penyakit

     Menguap merupakan hal yang wajar, tetapi jangan sepele kan ketika intensitasnya melampaui batas normal, karena ini bisa jadi merupakan pertanda tubuh atas ketidak normal-an yang terjadi di dalam tubuh. Ketidak normal-an tubuh yang ditandai dengan menguap adalah sebagai berikut
1.    Menderita tekanan darah rendah.
2.    Mengkonsumsi obat anti depresi.
3.    Sangat kelelahan.
4.    Menderita penyakit saraf, seperti misalnya Multiple Sclerosis dan Amyotropic Lateral Sclerosis. Dll.
     Itulah fakta unik tentang menguap. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga :Inilah Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala!.

Jangan lupa share dan komentar ya…

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.