Like In Facebook

Sunday 11 October 2015

Inilah Manfaat dan Cara Tepat Mengkonsumsi Bit

Inilah Manfaat dan Cara Tepat Mengkonsumsi Bit

     Banyak orang masih bimbang dalam menentukan kategori tanaman ini. Masih banyak yang menyebut tanaman ini sebagai buah bit, padahal sebenarnya tanaman ini termasuk dalam kategori sayur sayuran. Apalagi jika dilihat dari jenisnya yang masih merupakan anggota Amaranthaceae dan termasuk dalam umbi umbian, maka bit termasuk kedalam golongan sayuran. Tanaman dengan nama latin Beta Vulgaris ini masih merupakan tanaman baru di Indonesia yang belum banyak dimanfaatkan. Padahal di balik warna merah tuanya, bit menyimpan banyak kandungan gizi yang bermanfaat.

     Umbi bit mengandung surkosa dengan konsentrasi tinggi. Jika dilihat dari hubungannya dengan tanaman lain, bit masih berhubungan dekat dengan tanaman beetroot, chard dan fodder beet. Jika dilihat dari siklus hidupnya, bit termasuk dalam umbi biennial yaitu tanaman yang memiliki siklus 12 hingga 24 bulan dalam wilayah beriklim sedang. Ciri lain tanaman ini adalah menghasilkan gula selama tahun pertama pertumbuhan, baru kemudian muncul bunga bunga dan benih pada tahun kedua.

     Tanaman bit bisa ditanam di daerah sejuk seperti Eropa Timur, Eropa Barat Laut, Jepang Utara dan beberapa daerah di Amerika Serikat. Sementara itu, tanaman bit di Indonesia banyak ditanam di pulau Jawa, terutama Cipanas, Lembang, Pengalengan dan Batu. Waktu yang tepat untuk menanam bit saat musim semi, sehingga dipanen pada permulaan musim gugur atau awal musim dingin.

     Manfaat yang sering diambil adalah gulanya karena memang tanaman ini mengandung sukrosa dengan konsentrasi tinggi. Gula yang tersimpan dalam bit memiliki kesamaan dengan parsip, tanaman semacam wortel. Kandungan gula pada bit sebanyak 17% dari berat total. Namun, kadarnya tergantung dari varietas dan variasi dari tahun ke tahun dan dari satu lokasi ke lokasi lain.

Kandungan Gizi Bit


     Seperti penjelasan yang sudah dijelaskan tadi, bit mengandung gula yang bermanfaat bagi tubuh. Gula yang terdapat dalam bit tersebut berasal dari karbohidrat. Selain itu, bit juga mengandung protein dan lemak, tetapi dalam jumlah yang sedikit. Berikut adalah kandungan gizi bit


Kandungan Gizi
Jumlah
Energi
41 kcal
Protein
1,6 g
Lemak
0,1 g
Karbohidrat
9,6 g
Kalsium
27 mg
Fosfor
43 mg
Besi
1 mg
Vitamin A
20 RE
Vitamin B1
0,02 mg
Vitamin C
10 mg
BDD
75%


Penurun Darah Tinggi dan Peningkat Stamina


     Zat penting yang banyak terkandung di dalam bit adalah nitrat. Salah satu penelitian yang pernah dilakukan menunjukan bahwa efek nitrat pada bit dapat menambah stamina sebesar 16%. Pernyataan yang dilakukan University of Extere dan The Peninsula Medical School menyatakan konsumsi bit secara teratur setiap hari bisa membantu berolahraga lebih lama tanpa merasa capek.

     Journal of Applied Physicology juga memuat hasil penelitian dari beberapa partisipan yang diberikan konsumsi bit. Dalam penelitian tersebut, setelah meminum jus bit, partisipan menggunakan lebih sedikit oksigen saat diminta bersepeda dengan kecepatan lambat. Ternyata, otot otot partisipan tersebut dapat bekerja dalam jumlah yang sama walaupun energi yang digunakan lebih sedikit. Saat diminta untuk bersepeda dengan jarak sesuai kemampuan, partisipan dapat mengayuh beberapa menit lebih lama dibandingkan sebelum mengkonsumsi jus bit.

     Setengah liter jus bit terbukti secara efektif menurunkan tekanan darah dan memperbaiki kesehatan. Hal ini ditunjukan pada penelitian yang pernah dilakukan di Barts and London Medical School serta Queen Mary University of London. Penelitian ini menunjukan manfaat jus bit dalam menurunkan tekanan darah sebagai dampak kandungan nitrat yang cukup tinggi di dalam sayuran.

     Mekanisme bit mampu menurunkan tekanan darah tinggi dengan mengubah kadar nitrat anorganik di dalam bit menjadi gas oksida saat dimakan. Setelah itu, gas akan membuka pembuluh darah dan menimbulkan rasa rileks. Akibatnya, tekanan darah seseorang akan turun. Penelitian tersebut juga menunjukkan efek ini terlihat lebih jelas pada laki laki daripada wanita.

     Penelitian lain juga dilakukan dengan memberikan 500ml jus buah bit pada penderita hipertensi. Hasilnya, tekanan darah mulai turun pada periode 1 jam pertama. Tekanan darah kembali turun pada periode 2,5 jam berikutnya sebesar 10 mmHg. Bahkan pada 3 jam setelahnya, tekanan darah masih turun sekitar 8mmHg dan seterusnya selama 24 jam.

Cara Tepat Mengkonsumsi Bit


     Sebelum dikonsumsi, bit harus dibersihkan dari tanah yang melekat. Tanaman ini sering dihindari karena bau lengu yang tidak sedap saat dikonsumsi. Dari keseluruhan bagian tanaman, buah bit hanya dapat dikonsumsi sebesar 75% saja. Bit juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi beserta kulitnya.

     Sebenarnya umbi bit dapat diolah menjadi apa saja, tetapi olahan yang paling banyak dibuat adalah jus bit. Selain mengoptimalkan zat aktif yang dapat dikonsumsi, olahan dalam bentuk jus ini juga lebih praktis dan mudah untuk dikonsumsi.

     Warna buah bit yang merah tua keunggulan ini pun bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami makanan yang aman dan sehat. Sementara itu, daun buah bit dapat dimasak seperti sayur hijau lainnya.

     Itulah penjelasan manfaat dan cara tepat mengkonsumsi buah bit. Apabila terdapat kekurangan pada artikel ini saya mohon maaf. Terima kasih telah membaca artikel ini, baca juga : Inilah Penyebab Hamil Berisiko Tinggi.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.