Like In Facebook

Thursday 24 September 2015

Hindarilah Penyebab Maag Berikut Ini!

Penyebab Maag dan Menghindari Maag
Maag

     Maag adalah gejala nyeri pada ulu hati yang umumnya terjadi karena masalah pada asam lambung. Maag bisa terjadi karena radang lambung (gastritis),ulkus pada usus 12 jari dan GERD.

Pemicu Maag

Telat Makan dan Makan Terlalu Banyak

     Tidak peduli jenis makanan atau mahalnya makanan yang anda makan, jika makannya terlalu banyak dapat memicu gejala maag. Jadi, jika anda punya sakit maag, makanlah dengan porsi sedikit dan teratur

Makan Terburu buru

     Makan terburu buru dapat menyebabkan maag karena terburu buru makan dapat membuat makanan masuk lambung dalam kondisi utuh sehingga memaksa lambung memproduksi asam berlebihan untuk mencernanya.

Mengonsumsi Gorengan dan Makanan Berminyak

     Gorengan dan makanan berminyak lainnya cenderung lebih lama berada dalam lambung. Makanan yang terlalu lama di lambung, membuat rasa tidak nyaman.

Makanan Yang Bersifat Asam

     Makanan asam seperti tomat dan jeruk bila dikonsumsi saat perut kosong dapat menyebabkan maag. Selain makanan, cuka juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga tidak cocok dikonsumsi oleh penderita maag saat perut kosong.
     Jika ingin mengonsumsi makanan asam untuk orang yang mmaag, makanlah dalam porsi kecil dan kombinasikan dengan makanan lain yang tidak asam.


Minuman Berkafein

     Minuman berkafein dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika maag dan ingin sekali untuk minum kopi, minumlah kopi setelah makan atau sambil nyemil. Khusus untuk soda, selain mengandung kafein juga bisa membuat perut kembung sehingga dapat menyebabkan maag.
     Cokelat juga memiliki kafein dan stimulan mirip kafein, jadi lebih baik dikurangi makan cokelat jika anda memiliki gejala maag.


Tips Menghindari/ Mencegah Maag

     Kenali porsi makan anda! Ada yang makan satu cabai langsung kambuh maagnya, tetapi ada juga yang makan lebih dari sepuluh cabai baru mau kambuh maagnya. Dengan mengenali  porsi masing masing makanan, seseorang penderita maag dapat menghindari maagnya kambuh.
     Mengunyah permen karet juga dapat membuat kita terhindar dari maag. Karena mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat menetralkan asam lambung. Mengonsumsi banyak air putih karena air putih juga mampu menetralkan asam lambung.

     Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca Juga : Ternyuata! Warna Feses Dapat Mengindikasikan Masalah Pencernaan.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.