Like In Facebook

Sunday 22 November 2015

Manfaat Ampuh Wortel



     Wortel adalah sayur yang populer kedua setelah kentang. Satu hal yang membuat wortel populer adalah manfaat wortel untuk kesehatan. Kandungan betakaroten wortel yang tinggi terlihat dari warna oranye di sayuran ini. Kandungan betakaroten dimanfaatkan sebagai sumber vitamin A.
     Manfaat wortel yang paling terkenal adalah untuk mencegah rabun senja dan memperbaiki penglihatan. Padahal, masih sangat banyak manfaat lain dari wortel yang belum diketahui oleh banyak orang. Salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah kanker. Kandungan wortel yang berperan dalam mencegah kanker adalah antioksidan nya yang bisa menyerang sel-sel kanker di dalam tubuh.
     Sayuran yang bernama latin Daucus carota L ini pertama kali ditemukan di Eropa bagian selatan, Afrika Utara dan perbatasan Asia yang telah lama dibudidayakan di jalur mediterania. Wortel ini bisa tumbuh dengan baik pada suhu antara 16-21 derajat Celcius. Negara penghasil wortel terbesar adalah Cina, Rusia dan Amerika Serikat.


Kandungan Gizi Wortel

     Komponen tertinggi  dari wortel adalah air, setelah itu karbohidrat. Protein, lemak, mineral dan vitamin juga terdapat di dalam wortel, tetapi dalam jumlah yang sedikit. Berikut tabel kandungan gizi wortel per100gram bahan.

Kandungan Gizi
Jumlah Gizi
Energi
40 kcal
Karbohidrat
9 gram
Lemak
0,2 gram
Protein
1 gram
Thiamin (VitB1)
0,04 mg
Riboflavin(VitB2)
0,05 mg
Niasin (VitB3)
1,2 mg
Vitamin B6
0,1 mg
Kalsium
33 mg
Besi
0,66 mg
Magnesium
18 mg
Fosfor
35 mg
Potasium
240 mg

     Dengan kandungan gizi yang banyak terutama betakaroten yang melebihi kangkung dan bayam, pantas saja sayur ini memiliki beragam manfaat. Berikut adalah manfaat wortel.


Menyehatkan Mata


     Betakaroten adalah golongan karotenoida yang penting. Jika tubuh memiliki asupan betakaroten yang baik, maka tubuh juga dapat membentuk vitamin A yang cukup diperlukan bagi tubuh. Dibandingkan dengan jenis sayuran lain, wortel memiliki kandungan betakaroten yang paling banyak yaitu 12.00 IU. Vitamin A ini digunakan untuk merawat mata dan menyehatkan mata. Vitamin A dapat mengatasi Miopi (rabun).


Pencegah Kanker



     Betakaroten dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga kesehatan mata, kulit dan kekebalan tubuh (imun). Penelitian terbaru menunjukkan kandungan tinggi betakaroten pada wortel dapat berfungsi sebagai pencegah kanker. Penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute ini memaparkan sifat antioksidan pada betakaroten mampu melawan kerja destruktif sel-sel kanker. Selain itu, betakaroten pun dapat membantu kinerja sistem kekebalan tubuh dengan menghasilkan “killer cell“ alami.


Sayuran Penurun Kolesterol

     Penelitian yang dilakukan oleh Robertson pada tahun 2000 menunjukkan wortel berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga 11%. Penurunan kolesterol ini akan didapatkan jika wortel dikonsumsi secara teratur setiap hari selama tiga minggu dalam porsi 200 gram per hari. Zat yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol ini adalah pektin.


Membuang Racun Di Dalam Tubuh

     Selain betakaroten, wortel juga mengandung potasium yang tak kalah penting. Selain dapat menetralkan racun, terutama logam berat karena polusi udara, potasiun juga bisa membantu perokok berat menetralkan kembali tingkat keasaman darah.


Meningkatkan Daya Ingat



     Biasanya orang mengolah wortel menjadi berbagai macam jenis makanan. Namun, wortel juga dapat dikonsumsi dalam keadaan mentah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi wortel mentah secara teratur seminggu sekali dapat meningkatkan kinerja otak dan mempertajam ingatan.

     Itulah artikel saya tentang Manfaat Ampuh Wortel. Terima kasih telah membaca artikel ini. Baca juga : Cara Menghilangkan Bekas Luka.

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar yang sopan.